PROBLEMATIKA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR

Kiki Pratama Rajagukguk

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana kendala penggunaan media pembelajaran berbais teknologi dalam pembelajaran sains Sekolah Dasar dan bagaimana Solusi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran sains Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan teknik pengumpulan data yaitu sasaran dan sampel, observasi, wawancara dan dokumentasi, dan juga menggunakan metode Kuantitatif. Adapun hasil penelitian didapatkan kendala penggunaan media pembelajaran berbais teknologi yaitu masalah yang berhubungan dengan kompetensi guru, masalah dengan peserta didik dan masalah dengan media pembelajaran berbasis teknologi Pemanfaatan media pembelajaran berbais teknologi dalam pembelajaran sains terdapat kendala atau masalah yang mempengaruhinya. Masalah yang terjadi dalam mata pelajaran sains sangat beragam sesuai dengan kondisi dan situasi dimana media pembelajaran berbasis teknologi itu dimanfaatkan. Bahkan di setiap kelas memiliki tingkat kesulitan yang berbeda sesuai dengan tingkatan guru dan siswa. Hal tersebut disebabkan karena kurang maksimalnya kompetensi yang dimiliki guru dan terbatasnya media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran sains Solusi yang dilakukan oleh Guru dalam pembelajaran sains Sekolah Dasar yaitu melalui Pelatihan atau penataran bagi semua guru mata pelajaran tentang teknologi informasi, Pelatihan khusus guru mata pelajaran TIK, sehingga nantinya bisa menjadi tutor bagi guru mata pelajaran yang lain, Seminar tentang pendidikan khususnya tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, Studi banding ke lembaga atau sekolah yang lebih maju yang mempunyai kelebihan.

Kata-kata kunci: Problematika, Media, Teknologi, Sains

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Islam Kajian Teoretis Dan Pemikiran Tokoh. Bandung: 2014

Lailiyah, Nila Nimatul, and Shibi Zuharoul Mardliyah. 2021. “Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Di Madrasah Ibtidaiyah.” Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 4(1):89. doi: 10.54471/bidayatuna.v4i1.868.

Lisma Aspahani, Elis, Akhmad Nugraha, and Rosarina Giyartini. 2020. “Rancangan Media E-Poster Berbasis Website Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(2):158–67.

Puspitarini, Yanuari Dwi, and Muhammad Hanif. 2019. “Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School.” Anatolian Journal of Education 4(2):53–60. doi: 10.29333/aje.2019.426a.

Rahayuningsih, Puji, and M. Kom. Ardi Sanjaya. 2017. “Aplikasi Media Pembelajaran Tajwid Berbasis Multimedia Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Simki-Techsain Vol. 01 No. 05 Tahun 2017 01(05):1–7.

Sari, Andika Puspita, and Ananda Setiawan. 2018. “The Development of Internet-Based Economic Learning Media Using Moodle Approach.” International Journal of Active Learning 3(2):100–109.

Sumintono, Bambang, and Wahyu Widhiarso. 2013. “Model Rasch Untuk Penelitian Sosial Kuantitatif.” ITS Surabaya (November 201):1–9.

Syawaluddin, Ahmad, Andi Makkasau, and ina fitrayani Jamal. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba.” JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 3(3):294–306.

Untari, Esti. 2017. “Problematika Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Di Kota Blitar.” Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa 3(1):259–70.

Wahyu, Yuliana, Ambros Leonangung Edu, and Mikael Nardi. 2020. “Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6(1):107. doi: 10.29303/jppipa.v6i1.344.

Winangun, I. Made Ari. 2022. “Analisis Problematika Proses Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Edukasi : Jurnal Pendidikan Dasar 3(1):37–44.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.