PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR UNTUK MEREALISASIKAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR

Tuti Marlina, Ziyadatul Khoiriyah

Abstract


Abstrak: Pembelajaran literasi di sekolah dasar perlu mendapatkan perhatian dan konsep yang jelas sebagai upaya menumbuhkan budaya pekerti siswa dan bertujuan untuk mengembangkan kemampuannya. Adapun kurikulum merdeka yang menjadi terobosan baru terkait kegiatan pembelajaran juga memperhatikan kegiatan literasi di sekolah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian literature review, dimana peneliti mendapatkan hasil penelitian dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya yang sesuai dengan pembahasan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa peran guru terhadap kegiatan berliterasi siswa di sekolah. Adapun literasi tersebut terdiri dari 6 literasi yang perlu diajarkan di sekolah dasar. Adapun peran guru terhadap keenam literasi dasar tersebut adalah (1) Literasi baca-tulis: guru berperan dalam hal pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran; (2) Literasi numerasi: guru berperan pada tiga tahapan, yakni persiapan (identifikasi dan anaisis masalah serta koordinasi), pelaksanaan (kegiatan pembelajaran), dan evaluasi (hambatan dan capaian kegiatan berliterasi); (3) Literasi sains: peran guru dibagi menjadi tiga tahapan, yakni perencanaan (menyususn tujuan, media, materi, dan metode pembelajaran), pelaksanaan (internalisasi sains) dan evaluasi (menilai konsep materi, proses dan penerapan); (4) Literasi digital: guru berperan untuk selalu memberikan edukasi dan control; (5) Literasi finansial: peran guru pada literasi finansial adalah melaksanakan empat konsep dalam materi pembelajarannya, yakni: memperoleh, menyimpan, membelanjakan, dan mendonasikan; (6) Literasi budaya dan kewargaan: peran guru sebagai: motivator, fasilitator, teladan, evaluator, dan kreator bahan bacaan budaya lokal.

Kata-kata kunci: Peran Guru, Pembelajaran Literasi, Merdeka Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bahasa, J. et al. (2021) ‘JURNAL PENA INDONESIA’, 7(April).

Dasar, S. (2021) ‘Jurnal basicedu’, 5(3), pp. 1356–1364.

Dyah Utami, L. (2021) ‘Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara - Perpustakaan Amir Machmud’, Perpustakaan Kemendagri [Preprint]. Available at: https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661.

Feriyanto, F. (2022) ‘KURIKULUM MERDEKA BELAJAR Menteri Pendidikan Kebudayaan Ristekdikti menetapkan kebijakan’, (September), pp. 86–94.

Kadiwanu, A.S. (2019) Gerakan Literasi Nasional, Gerakan Bersama Demi Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

Laila, V. and Hadi, S. (2019) ‘Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar’, (2006), pp. 1491–1495.

Noor, F.M. (2020) ‘Memperkenalkan Literasi SAINS kepada PesertNoor, F. M. (n.d.). Memperkenalkan Literasi SAINS kepada Peserta Didik Usia Dini : Perspektif Mahasiswa PIAUD.a Didik Usia Dini : Perspektif Mahasiswa PIAUD’.

Nugraha, B. (2022) ‘Merdeka Belajar-nya Menteri Nadiem Fokus Hal Esensial_ Kemampuan Literasi, Numerasi dan Penguatan Karakter - Suara Merdeka Jakarta’.

Situmorang, R. (2022) ‘Menumbuhkan Gerakan Literasi di Sekolah _ Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan’.

Upaya, S. and Kualitas, P. (2021) ‘Literasi digital dalam pembelajaran di sd sebagai upaya peningkatan kualitas pendidik’, 2005(November), pp. 388–397.

Wendelinus Dasor, Y., Mina, H. and Sennen, E. (2021) PERAN GURU DALAM GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR (THE ROLE OF THE TEACHER IN THE LITERACY MOVEMENT IN ELEMENTARY SCHOOLS), Jurnal Literasi Pendidikan Dasar.

‘Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar Yang Harus Kita Ketahui dan Miliki - Direktorat Sekolah Dasar’ (2021), p. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/yuk-m.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.