PERANCANGAN APLIKASI MOBILE “SAMUDA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ALAT MUSIK SAPE KHAS KALIMANTAN TIMUR BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Gabriella Yunita Sibarani, Intan Rizky Mutiaz

Abstract


Abstrak: Negara Indonesia yang terbentang luas dari Sabang hingga Merauke memiliki keanekaragaman hayati, seni, dan budaya. Bahkan dari setiap daerah mempunyai ciri khasnya, satu dari antaranya adalah alat musik tradisional seperti dari daerah Kalimantan Timur yaitu Sape khas suku Dayak yang menyerupai gitar dan bentuknya seperti sampan yang diukir dengan motif suku Dayak. Di era digitalisasi saat ini, menjadikan semua aspek mampu dikemas lebih mudah serta efesien kepada setiap orang untuk menjalankan segala aktivitas kegiatan sehari-hari tetapi terdapat dampak yang kurang baik karena menjadikan individual sehingga acuh terhadap lingkungan sekitar. Budaya tradisional pun tergerus hingga terlupakan dan dari siswa SD juga menjadi kecanduan gadget. Hal ini tentu sangat memprihatinkan bagi semua kalangan. Aplikasi mobile yang dibuat dengan tampilan menarik dapat membuat siswa SD tertarik dalam mengenal alat musik tradisional khas Kalimantan Timur yaitu Sape. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan software Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi mobile yang bernama “Samuda” untuk pengenalan alat musik tradisional khas Kalimantan Timur yaitu Sape yang dilengkapi dengan musik instrument, video, sejarah dan game berupa simulator untuk melatih kemampuan siswa mencoba alat musik Sape.

 

Kata-kata kunci: Sape, aplikasi mobile, MDLC, media pengenalan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahdan, Syaiful, Andini Reska Putri, and Adi Sucipto. 2020. “Aplikasi M-Learning Sebagai Media Pembelajaran Conversation Pada Homey English.” Sistemasi 9(3):493.

Bangun, Rancang, Aplikasi Sumsel, Museum Berbasis, and Menggunakan Metode Pengembangan. 2018. “Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia.” 8(1):1–14.

Hartanto, Cornelius Kiki, Diaz Restu Darmawan, Cristo Rodento Manalu, and Ackenesiana Lenny. 2021. “Alat Musik Tradisional Di Masa Modern (Sape’ Dayak Kayaan Dalam Kajian Nilai Budaya).” Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya 5(2):182. doi: 10.24114/gondang.v5i2.29311.

Nurajizah, Siti. 2016. “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak.” Jurnal PROSISKO 3(2):15.

Rianto, Niko, Adi Sucipto, and Rakhmat Dedi Gunawan. 2021. “Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android.” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak 2(1):64–72.

Roring, Riovan Styx, and Kusrini Kusrini. "Integrasi Sistem berbasis Predictive Analytics untuk Pasar Tradisional Indonesia." CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal) 9.1 (2017): 21-30.

Roring, Riovan Styx, and FX Nanang Sujatmiko. "KOMBINASI SISTEM BERBASIS WEB DAN ANDROID SEBAGAI APLIKASI PRESENSI KEGIATAN MENGGUNAKAN QR CODE." Jurnal Ilmiah Matrik 23.1 (2021): 12-21.

Riyadi, Firman Setiawan, A. Sumarudin, and Munengsih Sari Bunga. 2017. “Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Kampus Politeknik Negeri Indramayu Berbasis Mobile.” JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer) 2(2):75. doi: 10.26798/jiko.2017.v2i2.76.

Suharto, S. 2007. “Pengembangan Materi Dan Kegiatan Pembelajarannya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bidang Seni Musik.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

YOLANDA R. NATASYA. 2016. Studi Deskriptif Pembuatan, Teknik Permainan, Dan Fungsi Alat Musik Sape’ Dalam Kebudayaan Suku Dayak Kayaan, Di Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.