ANALISIS KESULITAN MELAKUKAN TEKNIK TENDANGAN SABIT DAN TENDANGAN SAMPING (T) PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT SISWA SMK YADIKA LUBUKLINGGAU

Kholis Setia Wirawan, Rudi Erwandi, Wawan Syafutra

Abstract


Abstrak: Penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang kesulitan dalam melakukan tendangan sabit dan tendangan samping (T) siswa ekstrakurikuler siswa SMK Yadika Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pelatih dan siswa pencak silat siswa Ekstrakurikuler SMK Yadika Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Pengumpulan data dilakukan pada saat siswa latihan ekstrakurikuler. Hasil penelitian yang diperoleh dari informan, maka peneliti mendapatkanĀ  beberapa hasil temuan dimana 2 siswa yang tidak sesuai dalam melakukan gerakan persiapan sikap pasang dan kesulitan melakukan tendangan sabit (Immanuel) dan (Zaktri Prawira), hasil rekapitulasi tendangan samping (T) adalah (Lendra W) dan hasil rekapitulasi yang melakukan kesulitan dalam melakukan tendangan kedua nya adalah (Frendi) dan (Bung Memo). Sedangkan 5 anak lainnya saat melakukan persiapan dikategorikan kualitas yang cukup baik dalam melakukan persiapan tendangan sabit. Maka dari itu teknik dasar tendangan sabit dan tendangan (T) yang telah dilakukan siswa ekstrakurikuler pencak silat SMK Yadika Lubuklinggau benar atau sesuai dalam kajian teori.

Kata- kata kunci: Kesulitan, tendangan sabit dan tendangan samping (T)


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Erwin Setyo, .(2015).Pencak Silat, sejarah dan perkembangan pencak silat,teknik-teknik dalam pencak silat, pengetahuan dasr pertandingan pencak silat.Yogyakarta: Pustaka baru press.

Harpani (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Ssiwa Untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA Kopri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 6, No 11.

Khazanah. (1997). Pencak Silat. Jakarta : CV Sagung Seto

Kriswanto, E . S. (2015). Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat Teknik-Teknik dalam Pencak Silat Pengetahuan Dasar Pertandingan Pencak Silat.Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Lubis dkk (2014). Analisis Tendangan Sabit Perguruan Pencak Silat Tapak Suci di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, Vol 2 No2 (2018).

Man Bondowoso (2016). Sejarah Teknik Dasar dan Peraturan. Jawa Tengah

Manurung, S. H. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi KeefektifanBelajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014.Jurnal EduTech, 1 (1) 1-16.

Mulyana. (2014). Pendidikan Pencak Silat Membangun Jati Diri dan Karakter Bangsa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Ochid Aj(2010). eBook Pencak Silat. Baca eBook.

Ramdani Amrullah. (2015). Pengaruh Latihan Training Resistense Xander Terhadap Kemampuan Tendangan Sabit Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4 (1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Wardoyo, H & Fitranto, N. (2021). Kemampuan Teknik Guntingan Kategori Tanding Atlet Pencak Silat DKI Jakarta Pada Kualifikasi Pra PON 2020. Jurnal ilmiah Sport Coaching and Education, Vol 5, 55-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.