PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SALING

Wita Januarti, Yeni Asmara, Sarkowi Sarkowi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Saling. Metode pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen Murni. Populasinya yaitu siswa seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Saling Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara rondom sampling karena setiap kelas mempuyai kemampuan dan kesempatan yang relatif sama. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan SPSS Versi 16. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan adanya Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Saling. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pre-test pada kelas eksprimen 1 sebesar 64.61 dan pada kelas kontrol sebesar 61.46. Sedangkan nilai rata-rata pos-test pada kelas eksprimen setelah diberi perlakuan pos-test dengan menggunakan model Problem Solving sebesar 86.32 dan pada kelas kontrol yang diberikan pembelajaran metode Konvensional sebesar 70.76. Dengan demikian bearti nilai rata-rata kelas eksprimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Dari hasil data diuji beda rata-rata ( Paired sampel T test ) diperoleh nilai tes akhir di sig.(2-Tailed) = 0,00 < 0,05 maka, Ho ditolak Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas VIII diSMP Negeri 2 SALING.

Kata-kata kunci: : Model Problem Solving, metode konvensional, dan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimin. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Anurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT. Alfabeta

Darmawan, Deni. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dimyati dan Mudjino. (2010). Belajar dan Pembelajaran Jakarta : Penerbit Rineka Cipta

Harefa, Darmawan. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luhangendre Maniamolo.Jurnal Education and Devalopent. VOL. 8 No.1

Hera, Rufa. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran lingkungan Kelas X SMAN 1 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Genta Mulia. VOL. IX No. 1

Henderu, FU. (2015). Exprore ASEAN. Jakarta : ALFFABETA.

Huda, Miftahu. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jamil, Suprihatiningrum. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz Media

Komariah, Kokom. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas XI di SMPN 3 Cimahi. Yoyakarta: Juran Fakultas MIPA.

Mapata, Dg. (2017). Buku Penunjangan Mata Pelajaran IPS Pengembangan Silabus Kurikulum 2013 versi 2016. Yogyakarta: CV BUDI Utama

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Mahmud. (2011). Ilmu Pendidikan, Bandung: PT Pustaka Sanjaya

Majid,. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Prasetyono, Tri. (2019). Mengenal Negara ASEAN dan Negara-Negaranya. Semarang:ALPRIN

Priyanto, Duwi, Andi. (2010). Pemahaman Analisis Data dengan SPSS. C Media Kom

Rusman, (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Rusman, (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Setiawan, Andri dan Kurniawati Tenia.. 2020). Modul Ilmu Pengatahuan Sosial. Malang: Ahlimedia Press

Slamato. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Memprngaruhinya. Jakarta: Pt Rineka Cipta

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung:Alfabet

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabet

Shoimin, Aris. (2018) . 68 Model Pembelajaran Inovatif .Yogyakarta : AR-Ruzz Media

Sitiandon, Fitriani dan Tumbolong, Togi. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa X SMA Negeri 7 Medan. Jurnal INPAFI. VOL.1 No.3

Sundayana, Rostina. (2015). Statistika Penellitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz Media

Triyanto. (2010). Model Pembelajaran Terpadau. Jakarta: PT. Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.