PERBEDAAN HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM DAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SALING

Yolanda Mayang Sari, Isbandiyah Isbandiyah, Agus Susilo

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Sejarah Dengan Menggunakan Model Listening Team Dan Metode Ceramah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Saling. Metode pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen murni.Populasinya yaitu seluruh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Saling Tahun Ajaran 2021-2022. Pengambilan Sample penelitian dilakukan secara Random Sampling karena setiap kelas mempunyai kemampuan dan kesempatan yang relatif sama. Data Yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakana SPSS 16.0, berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar sejarah dengan menggunakan Model Pembelajaran Listening Team dan Metode Ceramah pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Saling. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pre-tes pada kelas eksperimen 1 sebesar 53,68. Dan pada kelas eksperimen II sebesar 47,73 Sedangkan nilai rata-rata Post-test pada kelas eksperimen I setelah diberikan perlakuan post-test dengan menggunakan model Listening Team sebesar 78,84 dan pada kelas eksperimen II yang diberikan pembelajaran dengan Menggunakan metode Ceramah sebesar 70,00. Dengan demikian  berarti nilai rata-rata kelas eksperimen I lebih besar pada kelas eksperimen II. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji beda (Paired sample T test) diperoleh nilai test akhir di Sig. (2-Tailed) = 0,00< 0,05 maka Ho di tolak  Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Listening Team dan Metode Ceramah siswa kelas X SMA Negeri 1 Saling.

 

Kata kunci : Model Listening Team, metode Ceramah, dan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Maunah, Binti. 2010, Ilmu Pengetahuan, Yogyakarta: TERAS.

Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sikdinas, 2010. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabet

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar

Sugiyono, 2010, Statistik Untuk Penelitian. Bandung:Alfabet

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.