STRATEGI ADAPTASI SOSIAL SISWA DI SEKOLAH DASAR PADA ERA NEW NORMAL

Tri Astuti, Akhmad Junaedi, Kurotul Aeni, Dewi Puspita Sari, Intan Holi, Hawa Hawa, Jelani Jelani

Abstract


Abstrak: Pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada masa pandemi Covid-19 sudah mulai dilakukan, walaupun terbatas. Melaksanakan kegiatan tatap muka di sekolah pada masa pandemi Covid-19 bukan persoalan mudah, khususnya bagi siswa. Siswa sudah 2 tahun lebih tidak bertemu dengan teman-temannya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis strategi adaptasi sosial siswa di SD Negeri 01 Kaligangsa kota Tegal pada era new normal, (2) Menganalisis hambatan yang dihadapi siswa SD Negeri Kaligangsa 01 kota Tegal dalam beradaptasi sosial pada era new normal di sekolah. Metode penelitian adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa. Lokasi penelitian SD Negeri Kaligangsa 01 kota Tegal. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji kredibilitas (validitas internal) dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui kesiapan SD Negeri Kaligangsa 01 kota Tegal dalam mengkondisikan siswa melaksanakan kegiatan di sekolah pada era new normal. Siswa harus beradaptasi dengan situasi yang berbeda dengan situasi sebelum pandemi Covid-19. Siswa harus  memiliki strategi adaptasi sosial agar tetap dapat berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah. Mereka juga harus berlatih menerapkan protokol kesehatan. Penggunaan masker di dalam kelas dan menjaga jarak dengan teman-teman saat berinteraksi membutuhkan strategi agar tidak terjadi konflik dan permasalahan sosial pada siswa. Siswa tidak boleh mengabaikan tata tertib sekolah pada era new normal. Dalam pelaksanaan adaptasi social di sekolah, masih terjadi hambatan yang dialami siswa.

Kata-kata Kunci : Era new normal, Siswa, Strategi adaptasi sosial


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ajhuri, Kayyis, Fithri. 2019. Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Media Pustaka.

Andiyanto, T. 2021. Pendidikan dimasa Covid-19.Kotabumi: Raih Asa Sukses.

Arafah, N., & Bahri, S. (2020). Peningkatan Human Capital Dalam Proses Pembelajaran di Era New Normal. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 425-444.

Aswat, H., Sari, E. R., Onde, M. L. O., Alaudin, A., & Fatmala, K. (2021). Sosialisasi dan Penguatan Edukasi pada Siswa Terkait Penerapan Protokol Kesehatan di SDN 1 Masiri, demi Terciptanya Situasi Kondusif di Era New Normal. Jurnal Abdidas, 2(3), 521-529.

Haviland, A. W. 2018. Antropologi Edisi keempat Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Koenjaraningrat. 2015. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.

Latifa, Umi. 2017. Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academica Journal. 1(2).

Haris, A., Sentaya, I. M., & Sulindra, I. G. M. (2022). Keterampilan Guru Abad 21 Dalam Mengurangi Learning Loss Pada Peserta Didik (Kajian Fenomenalogis Di Sma Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).

Jamlean, G. A., Wirawan, I. G. M. A. S., & Yasa, I. W. P. (2021). Pola Adaptasi Sosial Budaya Mahasiswa Afirmasi Papua Di Lingkungan Kampus (Studi Kasus Mahasiswa Afirmasi Papua Di Universitas pendididkan Ganesha). Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 3(2), 85-92.

Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis situasi pembelajaran selama pandemi covid-19 di SDN senurus: kemungkinan terjadinya learning loss. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(3), 328-336.

Meriyati. 2015. Memahami Karakteristik Anak Didik. Lampung. Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung.

Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Muhyiddin, M. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240-252.

Nanggala, A. (2020). Peran Generasi Muda Dalam Era New Normal. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(2), 81-92.

Pane, A., & Dasopang, M, D. (2017). Belajar dan Pembelajaran.Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-IlmuKeislaman, 3(2), 333-349.

Pratiwi, W. D. (2021). Dinamika learning loss: Guru dan orang Tua. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 147-153.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100.

Sayu, J. A., Ibrahim, M. Y., & Budjang, G. (2013). Adaptasi Sosial Siswa Kelas X Pada Boarding School SMA Taruna Bumi Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9).

Soemantri, N. P. 2019. Adaptasi Budaya Mahasiswa Asal Indonesia di Australia. Jurnal Wacana. 18(1).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatof, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) nomor 4 tahun 2021 tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka tahun akademik 2021/2022.

Wijanarko, A., Setiawan, Y., & Efendi, R. (2021). Optimalisasi Pelaksanaan Penerapan Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 Pada Fase New Normal Melalui Literasi Media di SDIT Iqra 1 Bengkulu. Abdi Reksa, 2(1), 51-58.

Winarno, Budi. 2014. Dinamika Isu-isu Global Kontemporer. Yogyakarta: CAPS.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Waqfin, M. S. I., Rahmawati, A., Khamim, M., & Sunniyah, I. (2020). Langkah Dasar Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 Melalui Edukasi Protokol Kesehatan Siswa MI Al-Ikhsan. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 39-43.

Yuliani , M., & dkk. 2020. Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.