PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR TEMATIK DARING PADA SISWA SD DI KOTA TEGAL

Tri Astuti, Akhmad Junaedi, Kurotul Aeni, Intan Holi, Rumiati Rumiati, Ika Wahyu

Abstract


Abstrak: Bencana pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak maret 2020, namun pada tahun ajaran 2022/2023 pembelajaran daring juga masih berlanjut. Hal tersebut karena pembelajaran daring merupakan bagian dari implementasi pembelajaran masa kini.  Tujuan dari penelitian adalah (1) Menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa dalam mengikuti pembelajaran tematik daring. (2) Mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam mengikuti pembelajaran tematik daring.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan penulisan hasil. Pelaksanaan pembelajaran daring masih terdapat kendala dan hambatan yang dihadapi siswa. Siswa kesulitan dalam memahami pelajaran yang tersaji secara tematik daring. Sarana dan prasarana di sekolah juga kurang memadai. Guru masih ada yang belum pernah mengikuti diklat kurikulum 2013, sehingga pemahaman tentang penerapan pembelajaran tematik masih minim. Penyampaian pembelajaran masih terpisah antar mata pelajaran karena kurangnya pemahaman guru tentang makna pembelajaran tematik yang sesungguhnya. Model dan metode pembelajaran yang digunakan masih menggunakan sistem lama yaitu hanya sebatas metode ceramah, karena kurangnya kreatifitas. Padahal, mestinya kurikulum 2013 harus sudah dilaksanakan secara benar di sekolah, termasuk pelaksanaan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan berbagai informasi dengan memberikan kemudahan, keleluasaan dan kedalaman implementasi kurikulum.

 

Kata-kata Kunci : Guru, Pembelajaran tematik daring.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi pustaka karya.

Auladi, Khanan dkk, 2020. Kendala Guru dalam Pembelajaran Tematik Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah (MINU) Kotagede Yogyakarta. Jurnal As-salam. Volume IX. Nomor 2.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2. Nomor 1.

Djamarah, S. B. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Fida Rahmantika. 2016. Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Slow Learnes (Lamban Belajar). Jurnal Premiere Educandum. Volume 6. Nomor 1.

Handarini, Oktafia Ika. 2020. Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Volume 8 Nomor 3.

Handayani, Lina. 2020. Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Eksploratif di SMP N 3 Bae Kudus. Jurnal Industrial Engineering and Management Riset. Volume 1. Nomor 2.

Imania, Kuntum An Nisa dan Bariah, Siti Khusnul. 2019. Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik. Volume 5. Nomor 1.

Kadir, A. & Asrohah, H. 2014. Pembelajaran Tematik. Depok: RajaGrafindo Persada.

Lestyanawati, Rochyani and Widyantoro, Arif. 2020. Strategies and Problems Faced by Indonesian Teachers in Conducting ELearning System During COVID-19 Outbreak. CLLiENT Journal (Journal of Culture, Literature, Linguistics and English Teaching. Volume.2, Nomor. 1.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosidakarya.

Malawi, I., Kadarwati, A., & Dayu, D. P. K. 2018. Pembaharuan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Magetan: AE Media Grafika.

Miles, M.B., & Hubermen, A.M. (2007). Analisis data kualitatif. (Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohadi). Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mustofa, Mokhamad Iklil, dkk. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemendikbud.go.id). Walisongo Journal of Information Technology. Volume 1 Nomor 2.

Nawawi, H. 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah mada University Press.

Putria, Hilna dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 4. Nomor 4.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum. https://www.slideshare.net /semriwing/01-permendikbud-nomor-67-tahun-2013-tentang-kerangka-dasar-dan-struktur-kurikulum-sd-mi-biro-hukor. (di unduh pada 15 Januari 2021).

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusmitadila, dkk. 2020. The Perception of Primary School Teacher of Onlie Lerning During the Covid-19 Pandemic Period: A case Study in Indonesia. Jurnal of Etnic and Cultural Studies. Volume 7. Nomor 2.

Sari, Ria Puspita dkk. 2021. Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan Prima Magistra. Volume 2 Nomor 1.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Siregar, E & Nara, H. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana, N & Rivai, A. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Bandung.

Sopian, Ahmad. 2016. Tugas, Peran dan Peran Guru dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah. Volume 1. Nomor 1.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan.Yogyakarta : Alfabeta.

Surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Yuliani , M., & dkk. 2020. Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.