HASIL BELAJAR PENYAJIAN DATA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MAHASISWA PAUD

Ari Hestaliana R

Abstract


Abstrak: Rendahnya hasil belajar mahasiswa pada materi penyajian data menjadi landasan penelitian. Studi pendahuluan yang dilakukan pada salah satu sekolah tinggi menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa belum mencapai nilai ketuntasan yang diharapkan. Hal ini disebabkan karena mahasiswa belum mampu memahami konsep penyajian data. Salah satu proses pembelajaran yang mampu membantu mahasiswa memahami konsep penyajian data adalah model Cooperative Learning berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar penyajian data melalui penerapan model Cooperative Learning berbasis kearifan lokal pada mahasiswa PAUD lebih baik daripada nilai ketuntasan. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PAUD STKIP An-Nur. Sampel penelitian ini adalah 24 mahasiswa STKIP An-Nur semester VI. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes. Setelah seluruh data terkumpul lalu diolah dengan menguji perbedaan rata-rata yaitu uji satu pihak dengan pihak kanan dan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar penyajian data melalui penerapan model Cooperative Learning berbasis kearifan lokal pada mahasiswa PAUD sama dengan nilai ketuntasan.

 

Kata-kata kunci: Penyajian Data, Model Cooperative Learning, Penyajian Data, Kearifan Lokal.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A, A. W., & Suhartini, & Buhaerah. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 6(1), 9-15.

Ainiyah, M. & Nuruddin, M. (2022). The effect of Cooperative Learning Model Type of Co-op Co-op on Mathematics Learning Outcomes for Class IV. Jurnal IJPSE (Indonesia Journal of Primary Science Education), 2(2), 109-114.

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). Medan: CV. Widya Puspita.

Arifin, K. (2022). Cooperative Learning on the Academic Achievement of Midle-School Students based on Learning Style. ETDC Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(2), 112-121.

Asmauna, A. (2022). Development of Mathematics Learning Equipment in STAD-Type Cooperative Learning in Class VIIIA Yapman Soroako SMP, Luwu Timur Regency. International Journal of Research in Engineering, Science and Management, 5(2), 74-77.

Asminingrum, T. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifan Siswa pada Materi Pola Bilangan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas A SMP Negeri 1 Banjar Agung. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 2(2), 166-180.

Daniah. (2016). Kearifan Lokal (Local Wisdom) sebagai basis Pendidikan Karakter. PIONIR Jurnal Pendidikan, 5 (2).

Johnson, F.O., & Lawal, R.F. (2022). Effect of Smartphone-assisted Jigsaw Cooperative Learning on Senior Secondary School Students' Achievement in Mathematics within Education District IV, Lagos State. GPH International Journal of Educational Research, 05(04), 01-09.

Kamid, Syaiful, Theis, R., Sufri, & Rohana, S. (2021). Cooperative learning Model with Process Skills for Mathematics Learning in Elementary School. International Journal of Elementary Education, 6(1), 58-68.

Lestari, B.F., Sumadi, C.D., Ocatvia, E., Suci, W.W., & Wicandra, I.P. (2022). Developing Mathematical Logical Intelligence Through Cooperative Learning Model Types of Teams Games Tournament for Student. Maktab: Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 1(2), 393-400.

Li, M. P. & Lam, B. H. (2013). Cooperative Learning. Hongkong: Institute of Education.

Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2022). The Implementation of Cooperative Learning Model to Improve Mathematics Learning Outcomes. Jurnal BASICEDU, 6(1), 877-885.

Nurhadi, Astuti, T.D., Utami, E.S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Prabandari, A.W., &Gunawan, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Srengseng Sawah 04 Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 367-372.

Priyadi, M.A. (2022). Penerapan Model Cooperative Learning Type Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Menghitung Luas Permukaan dan Volume Bangun ruang Sisi Lengkung (Tabung, Kerucut, dan Bola). Journal of Social Studies, Arts, and Humanities, 02(02) 78-83.

Usmadi, Sari, P.D., & Ergusni. (2022). The Effectiveness of Cooperative learning Model Numbered Head Type to Student mathematics Problem Solving Ability. International Journal of Educational' Research, 05(01), 12-22.

Wibowo, S., et al. (2022). Program Mathematics Ethnic Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SDN 1 Kauman. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(2), 520-530.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.