PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION TECHNOLOGY (IT) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR CAIRO BANDA ACEH

Muhammad Iqbal, Helmiati Helmiati, Novi Mulyani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis IT terhadap peningkatan prestasi siswa, memperluas wawasan dalam kajian IT khususnya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan pada Sekolah Dasar Islam Al Azhar Cairo Banda Aceh. Pemilihan sample dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis Information Technology (IT) dapat meningkatkan prestasi siswa. Prestasi yang dimaksud tidak hanya berupa angka-angka pada nilai rapot tetapi dari segi perhatian siswa terhadap pembelajaran, keaktifan siswa di kelas, keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas, kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru serta interaktif di kelas. Perbandingan capaian peingkatan prestasi siswa sebelum pelaksanaan pembelajaran berbasis Information Technology (IT) dengan pelaksanaan  pembelajaran berbasis Information Technology (IT) dapat dijabarkan bahwa perhatian dan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran yang sebelumnya bernilai 25% meningkat menjadi 55%, begitu juga dengan keaktifan siswa dalam bertanya di kelas sangat antusias yakni dari 15% menjadi 60% setelah menggunkan tablet. keberhasilan siswa dalam  mengerjakan tugas yang di bebankan dari 20% meingkat drastis menjadi 80%. Serta kemampuan siswa dalam menjawab berbagai pertanyan dari guru di kelas dari 25% menjadi 75%. Dan Interaktif siswa di kelas dari 25% jauh meningkat menjadi 94% . Siswa menjadi lebih produktif dan lebih percaya diri dalam menyelesaikan tugas dan perhatian siswa terhadap pembeljaran meningkat sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pembelajaran berbasis Information Technology (IT) dapat meningkatkan prestasi siswa.

 

Kata-kata kunci: Information Technology, Prestasi, Siswa.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adlin, (2019) " Analisis Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer pada Pembelajaran di Sekolah Dasar" Jurnal Imajinasi Vol. 3, No. 2.

Basrowi dan Suwandi. (2008) “Memahami Penelitian Kualitatif” Jakarta: PT Rineka Cipta.

Burhan Bugin. (2006) “Metode Penelitian Kualitatif” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persadas.

Emzir. (2011) “Metodologi Penelitian Kualitatif Ananlisis Data”, cet.2 Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Endraswara, Suwardi. (2012). Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yokyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fatah. Amir, Sudiyanto,. (2018) “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis It Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Smk Bidang Otomotif Di Sleman Dan Yogyakarta” Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, Vol. 1 No. 1.

Firmansyah, Dani. (2015) :"Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika" Jurnal Pendidikan UNSIKA, Vol. 3 No. 1.

Iqromi, M. Andry, Baysha, Muh. Husein. (2018) “Pengaruh Media Komputer Terhadap Prestasi Belajar Siswa” Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 3 No. 1.

Lexy J. Meleong. (2007) “Metodologi Penelitian Kualitatif” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mundir, 2013. " Metode Penelitian Kualitatif da Kuantitatif" Jember. Stain Jember Press.

Nurcaili (2010) Pengaruh media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam proses pembelajaran kimia terhadap peningkatan hasil belajar siswa Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 16 No. 16.

Ramadhany, Fitriana Fajrin & Supriono. (2017) " Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Dalam Manunjang Pemasaran (Studi pada PT Tritama Bina Karya Malang) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 53, No. 1.

Riris, Prietsaweny T Simamora (2019) Pengaruh Media Internet Terhadap Prestasi Siswa-siswi di SMA Negeri 17 Medan Jurnal Darma Agung Vol XXVII No. 1.

Suharsimi Arikunto. (1998) “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek” (Cet. IV; Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wibowo, Nugroho. (2016) "Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari" Jurnal Electronics, Informatics, and Education (ELINVO), Vol. 1, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.