UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL JIGSAW

Nining Sariyyah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Jigsaw di kelas V SDI Bhoanawa 2. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan lokasi penelitian tersebut dilaksanakan di SDI Bhoanawa 2 dengan subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif.

Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat di simpulkan pula sebagai berikut: (1) Prestasi belajar peserta didik kelas VSDI Bhoanawa 2 Ende setelah diterapkan model Jigsaw mengalami peningkatan yang dilihat dari hasil analisis siklus I memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 65%  dan di siklus II mengalami peningkatan prestasi belajar dengan persentase ketuntasan belajar adalah 100%. (2) Aktivitas belajar peserta didik meningkat dari setelah diterapkan model Jigsaw dengan rata-rata 42% pada siklus I menjadi 74% pada siklus II.

 

Kata-kata kunci: Model Jigsaw, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anisah, S. & Rohmawati. 2018. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok informasi persediaan barang kelas XI Akuntansi 1 di SMK Negeri 10 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6 (2)

Aulia, T. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP BRAWIJAYA. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 6(6), 376-387.

Bonwell,C.C. 2000. Active Learning: Creating excitement in the classroom. Artikel

workshop. Tersedia: www.active-learning-site.com

Eggen, P. & Kauchak, D. 2012.Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks

Endang, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2), 65-83.

Fitri, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(4), 302-314.

Hamalik, O. 2004.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Khaedir, Z. (2021). Efektivitas penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap peningkatan aktivitas belajar santri ponpes DDI Kaballangan (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Masriyah, S. 2012. Penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil Belajar Siswa Kelas Vpada Pelajaran IPA. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Mulyati , A. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 09 BARINGIN . Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 2(2), 214-222. https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.651

Nilawati, N. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMP Negeri 7 Bukittinggi Provinsi Sumatra Barat. Jurnal Paedagogy, 8(3), 398-407.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Sahimin, Nasution, W.N., & Sahputra, E. Pengaruh Model Pembelajaran dan gaya Belajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 KabanJahe Kabupaten Karo.Edu Riligia, 1 (2)

Sariyyah, N. 2015. Peningkatan aktivitas belajar iswa melalui model Jigsaw berbasis praktikum. Makalah disampaikan dalam Prosiding SENADA PGSD Universitas Flores tahun 2015.

Yassir, M. 2017. Model Kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pencemaran dan keanekaragaman. Jurnal Biotik, 3 (2), 13-144

Wahidah, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 9-20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.