PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 064981 MEDAN

Amir Danis, Siti Rahmadhani Siregar

Abstract


Abstrak: Pendidikan diharapkan tidak hanya mendidik siswa agar menjadi manusia yang cerdas, akan tetapi pendidikan juga dapat membentuk siswa menjadi manusia yang berakhlak mulia. Oleh karena itu, pemerintah terus berusaha agar pendidikan benar-benar menjadi kunci dalam pembentukan karakter bangsa (character building). Sejauh ini, penerapan model pembelajaran di sekolah terus diterapkan dalam upaya melihat kesesuaian dengan pengembangan pendidikan karakter dan hasil belajar yang di diharapkan dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, upaya yang dilakukan  adalah  melihat  pengaruh  penerapan  model  pembelajaran  Discovery Learning terhadap pendidikan karakter dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran  discovery learning terhadap  pendidikan karakter siswa (2)  untuk  mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa SDN 064981 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian adalah quasi experimental dan populasinya adalah siswa kelas V SDN 064981 Medan. Teknik pengambilan sampel  yaitu  simple  random  sampling.  Metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  pada penelitian ini adalah (1) observasi, (2) kuesioner (angket), (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji ANOVA.

 

Kata-kata kunci: Discovery Learning, Pendidikan Karakter, Hasil Belajar PKn.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Kurniasih, Imas and Sani. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena, 2014.

Hanafiah. Menjadi Guru Profesonal. Bandung: Rosda, 2010. hlm. 78

Hosnan, M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : PT RemajaRosdakarya. 2013.

Daryanto, Suyatri. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media. 2013

Aeni, Ani Nur. "Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam." Mimbar Sekolah Dasar. Vol 1, no. 1. 2014.

Supratiknya, Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes, Yogyakarta, Universitas Sanata Darma, 2012.

Supardi, Penilaian Autentik, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Marbun, A.M.P., Setiawan, D., and Menanti, A. The Influence of Discovery Learning Models and Solving Skills Problems With PPKN Learning Outcomes Grade 4 Students At Sd Katolik Diski . Jurnal Ilmiah Teunuleh. Vol. 1 No. 2 (2020) .

Hidayah, F., Amalia, T., and Hajron, H.K. The Influence of the Discovery Learning Model on Civic Education Learning Outcomes. The 14 th University Research Colloqium 2021 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Cilacap. e-ISSN: 2621-0584

Kemalayanti, I.M.N., Suniasih, W.N., and Ni Nyoman Ganing, N.N. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tema Tempat Tinggalku. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD . Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.