PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 066433 MEDAN

Sri Ramadhani, Eva Pasaribu

Abstract


Abstrak: Pembelajaran bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek yaitu keterampilan mendengarkan (menyimak), keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Untuk mencapai aspek-aspek tersebut, guru harus memilih model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu model pembelajaran yang mempunyai cara belajar siswa aktif dan kreatif adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui adanya Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa, dan (2) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 066433 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 066433 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian adalah quasi exsperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 066433 Medan dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Teknik pengambilan sampel  yaitu  simple  random  sampling.  Metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  pada penelitian ini adalah (1) observasi, (2) kuesioner (angket), (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji ANOVA. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) tahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengolahan data; dan (4) tahap pelaporan, menyusun analisis data dan kesimpulan hasil penelitian dalam bentuk laporan akhir.

 

Kata-kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2013. hlm. 89.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media, 2014. hlm. 130.

Rusman. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014. hlm. 242.

Rusmono. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu : Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Bogor: Ghalia Indonesia, 2012. hlm. 81.

Tilaar. Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship. Jakarta : Kompas Media Nusantara, 2012. hlm.51

Daryanto. Panduan Proses Pembelajaran. Jakarta : Publisher, 2009. hlm. 146

Rachmawati, Y. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta : Kencana, 2010. hlm. 13

Munandar, U. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Susanto, A. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media

Haris, A dan Asep, J. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013

Nursofah, Komala, A, dan Rusdi. The Effect of Research Based Learning Model and Creative Thinking Ability on Students Learning Outcomes . Indonesian Journal of Science and Education (IJOSE). Volume 2, Number 2, October 2018, pp: 168~173

Nurhayati, Mardiana, N., & Rianti. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Guna Meningkatkan Terampil Membaca dan Menulis Lanjut di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, Volume 4 (2) Januari 2021

Somodana, W., Sutresna, I.B., & Indriani, S.M. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3 No. 1 Tahun 2015..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.