PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 067954 MEDAN

Dyan Wulan Sari HS, Sumarlin Mangandar Marianus

Abstract


Abstrak: Di era Revolusi Industri 4.0, sistem pendidikan diharapkan dapat mewujudkan peserta didik memiliki keterampilan yang mampu berfikir kritis dan memecahkan masalah, kreatif dan inovatif serta ketrampilan komunikasi dan kolaborasi. Karena itu keberadaan merdeka belajar sangat relevan dengan kebutuhan siswa dan tuntutan pendidikan abad 21. Dengan kehadiran konsep merdeka belajar ini maka kebiasan dalam proses belajar mengajar selama ini tentu akan mengalami pergeseran, yang selama ini monoton dimana murid hanya lebih banyak mendengarkan penjelasan guru (murid pasif) dan tentu ini cenderung membosankan dan tidak efektif dalam konteks proses pembelajaran bermutu, dan akan berubah menjadi pembelajaran multi arah (siswa nenjadi aktif), mandiri, inovatif dan kompetitif. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mendukung konsep merdeka belajar dalam mengembangkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar siswa adalah pendekatan pembelajaran Scientific Approach. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan pembelajaran Scientific Approach terhadap hasil belajar siswa dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan pembelajaran Scientific Approach dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 067954 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 067954 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 067954 Medan dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih secara total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar siswa dan angket keterampilan proses sains. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α =0,05. Selanjutnya tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengolahan, dan (4) tahap pelaporan.

 

Kata-kata kunci: Scientific Approach, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2015. Pemebelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Penerbit Gava Media. 2014.

Hosnan, M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Fatmawati, B. Menilai Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Metode Pembelajaran Pengamatan

Langsung. Makalah pada Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS, Solo. 2013.

Tawil, Muh dan Lilisari. Keterampilan- Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM. 2014.

Jufri, W. Belajar dan Pembelajaran Sains.

Bandung: Reka Cipta. 2017 Supratiknya, Penilaian Hasil Belajar

dengan Teknik Nontes, Yogyakarta, Universitas Sanata Darma, 2012.

Supardi, Penilaian Autentik, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Fitria, Y., Kenedi, K.A, and Syukur, K.S. The Effect of Scientific Approach on Elementary School Students' Learning Outcomes in Science Learning. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), Vol. 7 No. 1, Maret 2021. Hlm 78-90

Amir and Haling, A. The Effect of Scientific Approach at Natural Science Learning on Elementary Students’ Learning Outcome. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 1st International Conference on Advanced Multidisciplinary Research (ICAMR 2018), Volume 22, page 13-15

Hernawati, D., Amin, M., Irawati, M.H., Indriwati, S.E., & Omar, N. The Effectiveness of Scientific Approach Using Encyclopedia as Learning Materials in Improving Students Science Process Skills in Science. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), Vol. 7 No. (3),

(2018), page 266-272


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.