PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 42 LUBUKLINGGAU

Rina Masama, Aswarliansyah Aswarliansyah, Andriana Sofiarini

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA setelah diterapkan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada pembelajara IPA kelas IV SD Negeri 42 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-Experimental Designs. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 42 Lubuklinggau tahun ajaran 2021/2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan sampel yang diambil adalah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk essay sebanyak 11 soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai tes akhir siswa 80,84 dengan persentase jumlah siswa yang tuntas 85,71%. Berdasarkan hasil analisis uji-t pada taraf signifikan  diperoleh  = 5,18 >  = 1,73  yang menunjukkan bahwa hipotesis  H0 ditolakdan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 42 Lubuklinggau setelah menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) signifikan tuntas.

 

Kata-kata kunci: Hasil Belajar, IPA dan Numbered Head Together.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alfiansyah, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Kerusakan Lingkungan di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika, 25, 26-43.

Lestari, K. D., Sumantri, M., & Japa, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus 4 Kecamatan Melaya. Jurnal Adat dan Budaya, 1, 1-10.

Ngalimun. (2012). Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.