PENGARUH LATIHAN TARGET GAMES TERHADAP KETEPATAN SMASH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI PAGAR AYU

Andri Fadholi, Muhammad Supriyadi, Wawan Syafutra

Abstract


Abstrak:Penelelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan taget games terhadap ketepatan smash peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri Pagar Ayu. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen).Populasi adalah seluruh peserta ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri Pagar Ayu yang berjumlah 30 peserta. Sedangkan penarikan sampel dengan cara Ordinal Pairing untuk menentukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan masing-masing kelompok berjumlah 15 peserta. Pengumpulan data data penelitian menggunakan tes keterampilan bola voli. Analisis data menggunakan cara manual dengan langkah-langkah menyusun table distribusi, uji normalitas dan uji hipotis T-Test , Two Sample Assuming Equal Variances. Hasil diperoleh nilai sig ≤ α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai rata-rata kelompok kontrol 1,33 dan nilai rata-rata kelompok eksperimen 10,00, maka pengaruh latihan target games terhadap ketepatan smash sebesar = 8,67. Dengan demikian Ha yaitu “ada pengaruh latihan target games terhadap ketepatan smash ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri Pagar Ayu”

                                                                                                                   

Kata-kata kunci: Target games, ketepatan smash, bola voli.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Mikanda Rahmani (2014). Buku Super Lengkap Olahraga, Jakarta: Dunia Cerdas

Hermansyah, H., & Permadi, A. G (2018).Peningkatan Ketepatan Smash Bola Voli Dengan Metode Target Games Pada Siswa Kelas XI SMA Darul Hikmah Tahun Ajaran 2017/2018.JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1).

Winarno.(2013). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono.(2019). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Emral.(2017). Pengantar Teori Dan Metodologi Pelatihan Fisik. Jawa Barat: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.