PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 42 LUBUKLINGGAU

Nora Misis Mitasari, Yeni Asmara, Tri Juli Hajani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran time token pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 42 Lubuklinggau”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan berbentuk one group pre-test dan post-test. Populasi yang diambil seluruh siswa kelas V yang berjumlah 55 siswa dengan teknik simple random sampling dan sampel yang diambil 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk esai. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung (4,94) ≥ ttabel (1,70) maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti rata-rata hasil belajar siswa telah mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran time token lebih dari sama dengan 70 (m2 ≥ 70). Kesimpulan penelitian ini yaitu hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 42 Lubuklinggau setelah penerapan model pembelajaran time token secara signifikan tuntas.

 

Kata-kata kunci: Time Token, IPA dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Desstya, A. (2016). Kedudukan dan aplikasi Pendidikan sains di sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 193-200.

Handayani, N. N. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. Lampuhyang, 9(2), 1-15.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.