HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DENGAN KECEPATAN RENANG GAYA BEBAS PADA ATLET RENANG DI LINGGAU SWIMMING CLUB KOTA LUBUK LINGGAU

Muhammad Ridwan Pratama, Yohana Satinem, Wawan Syafutra

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan daya ledak otot tungkai dengan kecepatan renang gaya bebas pada atlet renang di Linggau Swimming Club. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi sederhana. Populasi adalah seluruh atlet renang Linggau Swimming Club yang berjumlah 30 orang. Sedangkan penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 20 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes standing board jump dan tes ketangkasan renang 20 meter gaya bebas. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 23 dengan langkah-langkah menyusun tabel distribusi frekuensi, uji normalitas, dan uji Bivariate Correlations Two-tailed. Hasil analisis diperoleh nilai Significance (2-tailed) 0,001 < 0,05 atau  nilai rhitung > rtabel = 0,666 > 0,444. Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain terdapat hubungan yang signifikan daya ledak otot tungkai dengan kecepatan renang gaya bebas pada atlet renang di Linggau Swimming Club Kota Lubuklinggau, secara simultan memiliki hubungan yang “Kuat”.

 

Kata-kata kunci: Daya Ledak Otot Tungkai, Renang Gaya Bebas.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Fenanlampir, Albertus dan Faruq, Muhammad Muhyi. (2015). Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Kurniawan, Feri. (2012). Buku Pintar Pengetahuan Olahraga. Jakarta Timur: Laskar Aksara.

M Novitaria, Ika. (2020). Kepelatihan Renang Dasar. Depok: Rajawali Pers.

Power Otot Tungkai terhadap Kecepatan Renang Gaya Bebas 50 M pada Siswa Putra SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Artikel Skripsi UNP Kediri, diakses pada https://simki.unpkediri.ac.id tanggal 22 Februari 2021 pukul 12.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.