INTEGRASI AKSARA DAERAH KE DALAM SISTEM INFORMASI KOMPUTER SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN AKSARA DAERAH

Supriyanto Supriyanto, Isbandiyah Isbandiyah, Tiara Anggra Yeni

Abstract


Abstrak: Aksara adalah sebuah sistem simbol visual yang tertoreh pada satu media, yang memiliki fungsi untuk mengungkapkan unsur-unsur yang mengekspresikan suatu bahasa. Aksara daerah merupakan kebudayaan yang menjadi alat komunikasi melalui media tulis. Sebagai salah satu identitas budaya, aksara daerah mengalami dampak dari zaman digital saat ini, yaitu penurunan penggunaan aksara daerah karena tidak tersedianya di sistem digital. Hal tersebut memerlukan solusi untuk menghindari aksara daerah hanya menjadi bagian dari sejarah. Salah satu upaya yang digunakan untuk melestarikan aksara daerah adalah dengan mengintegrasikan aksara daerah ke dalam sistem informasi komputer. Untuk mengintegrasikan aksara daerah ke dalam sistem informasi elektronik adalah dengan merancang dan membuat sebuah program font aksara daerah dan program keyboard aksara daerah. Selanjutnya, mengajukan proposal untuk mendaftarkan aksara daerah ke Unicode. Sehingga setiap orang dapat menulis aksara daerah dengan menggunakan komputer. Upaya tersebut, diharapkan aksara daerah dapat tumbuh subur dan dipergunakan dalam berkomunikasi sehari-hari, sehingga aksara latin dapat berdampingan dengan aksara-aksara daerah. Dengan demikian, aksara daerah dapat terus dilestarikan.

Kata kunci: Sistem Informasi Komputer, Pelestarian Aksara Daerah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alfian, Erwin. 2014. Penggunaan Unsur Aksara Nusantara pada Huruf Modern. Jurnal Vol. V, No. 01, Maret 2014. Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tanggerang.

Barried, Siti Baroroh, dkk. 1985. Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Penggunaan Bahasa.

Hendranata, Liviawaty. 2010. Perancangan Tipografi Adaptasi Aksara Daerah. Karya Ilmiah. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra.

Jaisal, J. Raj and N. Patil Nitin. 2013. “Implementation of a New Technique for Web,” in IEEE 2013 International Conference on Information Communication and Embedded Systems (ICICES), Chennai.

Needleman, Mark. 2000. “The Unicode Standard,” Serial Review, vol. 26, no. 2, pp. 51-54, 2000.

Nishikimi M., Handa K., Takahashi N. and Tomura S. 2008 “When font do not know everything-an extensible system for multilingual text rendering,” Software-Practice and Experience, vol. 38, no. 1, pp. 1-31, 2008.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nurizzati. 1998. Metode-metode Penelitian Filologi. Padang: FBSS IKIP Padang.

Restuningrat, Anang. 2017. Font Aksara Lampung untuk Persiapan Unicode. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Lampung.

Supriadi, Wawan. 2015. Membuat Font Aksara Daerah dengan Font Creator. kompasiana.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.