INTEGRASI AKSARA DAERAH KE DALAM SISTEM INFORMASI KOMPUTER SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN AKSARA DAERAH

Supriyanto Supriyanto, Isbandiyah Isbandiyah, Tiara Anggra Yeni

Abstract


Abstrak: Aksara adalah sebuah sistem simbol visual yang tertoreh pada satu media, yang memiliki fungsi untuk mengungkapkan unsur-unsur yang mengekspresikan suatu bahasa. Aksara daerah merupakan kebudayaan yang menjadi alat komunikasi melalui media tulis. Sebagai salah satu identitas budaya, aksara daerah mengalami dampak dari zaman digital saat ini, yaitu penurunan penggunaan aksara daerah karena tidak tersedianya di sistem digital. Hal tersebut memerlukan solusi untuk menghindari aksara daerah hanya menjadi bagian dari sejarah. Salah satu upaya yang digunakan untuk melestarikan aksara daerah adalah dengan mengintegrasikan aksara daerah ke dalam sistem informasi komputer. Untuk mengintegrasikan aksara daerah ke dalam sistem informasi elektronik adalah dengan merancang dan membuat sebuah program font aksara daerah dan program keyboard aksara daerah. Selanjutnya, mengajukan proposal untuk mendaftarkan aksara daerah ke Unicode. Sehingga setiap orang dapat menulis aksara daerah dengan menggunakan komputer. Upaya tersebut, diharapkan aksara daerah dapat tumbuh subur dan dipergunakan dalam berkomunikasi sehari-hari, sehingga aksara latin dapat berdampingan dengan aksara-aksara daerah. Dengan demikian, aksara daerah dapat terus dilestarikan.

Kata kunci: Sistem Informasi Komputer, Pelestarian Aksara Daerah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alfian, Erwin. 2014. Penggunaan Unsur Aksara Nusantara pada Huruf Modern. Jurnal Vol. V, No. 01, Maret 2014. Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tanggerang.

Barried, Siti Baroroh, dkk. 1985. Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Penggunaan Bahasa.

Hendranata, Liviawaty. 2010. Perancangan Tipografi Adaptasi Aksara Daerah. Karya Ilmiah. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra.

Jaisal, J. Raj and N. Patil Nitin. 2013. “Implementation of a New Technique for Web,” in IEEE 2013 International Conference on Information Communication and Embedded Systems (ICICES), Chennai.

Needleman, Mark. 2000. “The Unicode Standard,” Serial Review, vol. 26, no. 2, pp. 51-54, 2000.

Nishikimi M., Handa K., Takahashi N. and Tomura S. 2008 “When font do not know everything-an extensible system for multilingual text rendering,” Software-Practice and Experience, vol. 38, no. 1, pp. 1-31, 2008.

Nurizzati. 1998. Metode-metode Penelitian Filologi. Padang: FBSS IKIP Padang.

Restuningrat, Anang. 2017. Font Aksara Lampung untuk Persiapan Unicode. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Lampung.

Supriadi, Wawan. 2015. Membuat Font Aksara Daerah dengan Font Creator. kompasiana.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.