PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WONDERSHARE FILMORA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Siti Rahayu, Nurmitasari Nurmitasari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Wondershare Filmora yang layak dan efektif digunakan pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada tahapan pengembangan ARKIS yaitu analisis, rancang, kembangkan, implementasi dan sebarkan. Pada tahap Implementasi untuk menguji keefektifan dari media pembelajaran menggunakan penelitian kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Kalirejo kelas IX Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa produk berupa media pembelajaran pada materi Transformasi dengan bantuan aplikasi wondershare filmora  layak digunakan menurut ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media dan komunikasi pembelajaran, dan pengguna, serta media pembelajaran tersebut efektif dan praktis untuk digunakan.

Kata-kata kunci: Media pembelajaran, wondershare filmora, transformasi, Pengembangan ARKIS

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hasan, M., Khasanah, B.A., dkk (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. Klaten : Tahta Media

Isman. (2016). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). ISBN: 978-602-361-045-7.

Jalinus dan Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kusumawati, dkk. (2020). Pengabdian Masyarakat Berbasis Multimedia Untuk Melatihkan Soft Skill Para Pendidik Sekolah Dasar Semangat Dalam di Barito Kuala. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. 2: 157.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Pohan, Albert Efendi. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.

Punusingon, dkk. (2017). Animasi Sosialisasi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jurnal Teknik Informatika. 12(1).

Sugiyanto, dkk. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Vidio Untuk Guru Sekolah dasar Kota Palangkaraya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(2).

Suryani, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Suswandari, dkk. (2020). Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. ISBN: 978-602-99975-3-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.