KEMAMPUAN MENGAJAR CALON GURU: TPACK PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MI/SD

Tengku Hafinda

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan mengajar mahasiswa calon guru Madrasah Ibtidaiyah ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada mata kuliah Pembelajaran Matematika MI/SD dengan fokus penelitian mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang mengikuti mata kuliah Pembelajaran Matematika MI/SD pada semester gasal tahun akademik 2021/2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang mengikuti mata kuliah Pembelajaran Matematika MI/SD sebanyak 23 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui hasil kuesioner dengan menggunakan skala Likert.  Data penelitian memaparkan tentang komponen-komponen TPACK yang meliputi data-data: Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK), Technological Pedagogical Knowledge (TPK), Technological Content Knowledge (TCK), Pedagogical Content Knowledge (PCK) dan Technological Pedagogical Content and Knowledge (TPACK). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kemampuan mengajar mahasiswa calon guru ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada mata kuliah Pembelajaran Matematika MI/SD berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 2.94 dan persentase sebesar 58.8.

Kata-kata kunci: kemampuan mengajar; calon guru Madrasah Ibtidaiyah; TPACK; pembelajaran matematika MI/SD.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i2.1103

Batubara, D. S. (2017). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya). Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 48–65.

Dalyono, B., & Enny Dwi Lestariningsih. (2017). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima, 3(3), 33–42.

Fitrianova, N. (2020). Studi Korelasi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru dengan Pengelolaan Kelas di MIN 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 51–59. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.7

Hafinda, T., & Armanisah. (2021). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 167–182.

Jumali. (2014). Profesionalisme Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Ceper; Suatu Tinjauan dari Aspek tTingkat Pendidikan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 45–52. journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/download/679/413

Meria, A. (2016). Kompetensi Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VI(02), 610–624.

Nisa, R., & Faroh, N. (2021). Analisis Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Mahasiswa Universitas Qomaruddin Ditinjau Dari TPACK. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 1–14.

Nugroho, A. M., Wardono, Waluyo, S. B., & Cahyono, A. N. (2019). Kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari adversity quotient pada pembelajaran TPACK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 40–45. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28862

Nuroqmah, R. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. Jurnal Aksioma Ad-Diniyah, 09(01), 27–30.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Rahayu, S. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ): Integrasi ICT dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX, October 2017, 1–14.

Sari, S. K., Syaiful, S., & Anggereini, E. (2021). Pengaruh Penerapan LKPD Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 923–934. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.576

Supandi, A., Sahrazad, S., Wibowo, A. N., & Widiyarto, S. (2020). Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Prosiding SAMASTA), 1–6.

Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada Mata Kuliah Micro Teaching. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2484–2498. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.881

Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005. (n.d.).

Zulkifli, Z. (2014). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada Sma Negeri 1 Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 242–259. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.505


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.