PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY

Ebeneser Wacner Simamora, Agus Kistian

Abstract


Abstrak : Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengembangkan perangkat pembelajaran realistik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa MTs/SMP. Sedangkan secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis kualitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa dan (2) Menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan realistik. Jenis Penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian pengembangan (depelopment research). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Kabupaten Sorong kelas VII pada materi Bangun datar segi empat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Kabupaten Sorong. Penelitian ini dibagi dalam dua tahap, tahap pertama adalah pengembangan perangkat pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran yang meliputi (1) validitas RPP; (2) validitas Buku Siswa (BS); (3) validitas LAS; (4) validitas Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM); (5) validitas angket Self-efficacy. Tahap kedua adalah implementasi perangkat pembelajaran yang dianggap sudah layak berdasarkan hasil uji coba. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini, dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah  menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik pada materi bangun datar segi empat adalah rata-rata pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba I sebesar 80,46 meningkat menjadi 81,20 pada uji coba II. Disamping itu, rata-rata setiap indikator kemampuan pemecahan masalah meningkat dari uji coba I ke uji coba II dan (2) Peningkatan self-efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik pada materi bangun datar segi empat adalah hasil rata-rata angket self-efficacy siswa pada uji coba I sebesar 120,47 menjadi 120,86 pada uji coba II.


Kata kunci : Pendekatan Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, dan Self-Efficacy

Full Text:

PDF

References


PUSTAKA

Arsanti, T. A. 2009. Hubungan Antara Penetapan Tujuan, Self Efficacy dan Kinerja, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE) Vol. 16, No. 2, Hal. 97-110. ISSN 1412-3126

Dewanto, S. P. 2008. Peranan Kemampuan Akademik Awal, Self Eficacy, dan Variabel Nonkognitif Lain Terhadap Pencapaian Kemampuan Representasi Multiple Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Educationist, Vol. 11 No. 2. ISSN 1907-8838. Edisi Juli 2008.

Fauzi, KMS. A. 2002. Pembelajaran Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Pembagian di SD. Tesis. Tidak dipublikasikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya

Hariyanto, E., Purnomo, R., Bawono, I.R., & Darmawan, A.B. 2011. Desain Pelatihan, Dukungan Organisasional, Dukungan Supervisor dan Self Eficacy Sebagai Faktor Penentu Keefektifan Transfer Pelatihan. Jurnal Siasat Bisnis. Vol.15, No. 2, hal : 213-227, edisi juli 2011. Purwokerto : Universitas Jenderal Soedirman.

Hough, D. 2005. Evolution of a Teacher’s Problem Solving Instruction: A case Study of Aligning Teaching Practice with Reform in Middle School Mathematics. Research in Middle Level Education Journal, Vol.29, No 1

Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Penerbit Universitas Malang

Rachmawati, Y. E. 2012. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Awal dan Tingkat Akhit di Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 1, No. 1. Surabaya : Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Rini, H. P. 2013. Self Efficacy Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Online Psikologi, Vol. 01 No. 01 Tahun 2013. ISSN 2013-8259. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang

Setiawati, D., Syahputra, E., & Rajagukguk, W.R.. 2013. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik siswa antara pendekatan Contextual Teaching And Learning Dan Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bireuen.. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol 6 No 1 Edisi Juni 2013, hal 1-13.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Vettleson Jr, L. 2010. Problem Solving Based Instruction in the High School Mathematics Classroom, Bemidji, Minnesota, USA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.