STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI DI SDN 07 PIMPINAN

Mauizatul Hasanah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perencanaan penerapan strategi pembelajaran melalui penerapan model inkuiri; (2) mengetahui pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran melalui penerapan model inkuiri; (3) mengetahui kendala penerapan strategi pembelajaran melalui penerapan model inkuiri. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpualan informasi ialah dengan metode observasi, interview/ wawancara serta dokumentasi. Hasil riset meyakinkan kalau strategi pembelajaran pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial memalui penerapan Model Inkuiri bisa tingkatkan prestasi siswa dalam pelajaran IPS kelas VI SDN 07 Pimpinan. Hasil observasi di lapangan menampilkan kalau pada proses pembelajaran sudah mengalami perubahan setelah diterapkan model inkuiri. Perihal ini bisa dibuktikan dengan pergantian kedatangan ataupun prestasi yang tiap harinya kian bertambah, ditambah siswa lebih aktif serta bergairah dalam proses pembalajaran. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri ini memungkinkan peserta didik mempunyai kedalaman pemahaman terhadap materi yang mereka pelajari, dan secara kontruktif mereka membangun sendiri pengetahuan baru di atas pondasi pengetahuan yang sebelumnya mereka miliki.

Kata-kata kunci: Strategi Pembelajaran, Model Inkuiri


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Sani, Ridwan, 2015, Inovasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Adnan Mahdi dan Mujahidin, Panduan Penelitian Praktis.

Basri, Hasan, 2015, Paradigma Baru Sistem Pembelajaran, Bandung: Pustaka Setia.

Depdiknas, 2006, Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi, Jakarta : Depdiknas.

Kunandar, 2007, Guru Profesional, Jakarta: Rajawali Pers.

Lexy J. Moleong, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Roesdakarya.

Nurhadi, 2002, Pendekatan Kontekstual, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Roestiyah, 2001, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Rully Indrawan, R. Poppy Yaniawati, 2016, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan, Bandung: Refika Aditama

Sanjaya,Wina, 2007, Strategi Pembelajaran Berori Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Santyasa, Wayan, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif, Makalah disajikan dalam Pelatihan Penelitian

Sapriya, 2009, Pendidikan IPS, Bandung: Rosda Karya.

Siska, Yulia, 2018, Pembelajaran IPS di SD/MI, Yogyakarta: Garudhawaca.

Tindakan Kelas bagi Guru-guru SMP dan SMA di Nusa Penida 29 Juni s.d 1 Juli 2007.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, 2003, Undang-undang sistem pendidikan nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.