ANALISIS PEMANFAATAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) DI SD NEGERI 1 JEURAM KABUPATEN NAGAN RAYA

Amiyati Amiyati, Febry Fahreza, Syah Mohd Hadiid Thaariq

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) di SD Negeri 1 Jeuram Kabupaten Nagan Raya. Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research). Subjek dalam penelitian guru sebanyak 12 orang guru dan siswa kelas IV, V, VI. Teknik pengumpulan datanya seperti: observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa analisis pemanfaatan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) di SD Negeri 1 Jeuram Kabupaten Nagan Raya menunjukkan bahwa dari 12 jumlah guru di SD Negeri 1 Jeuram sudah bisa menggunakan pemanfaatan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) sebanyak 4 guru sebesar 33,33333333%, masih kurang menggunakan pemanfaatan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) sebanyak 6 guru sebesar 50%, tidak bisa sama sekali menggunakan pemanfaatan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) sebanyak 2 guru sebesar 16,66666667% Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) di SD Negeri 1 Jeuram Kabupaten Nagan Raya sudah baik dan sudah bisa digunakan walaupun masih ada guru sama sekali yang belum bisa menerapkannya

 

 

 

Kata Kunci :

Analisis, Pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anshori, Sodiq, 2017, Pemanfaatan

Tik Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Di Sekolah Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya 1 (1)

Aka, Andri Kukuh, 2017,

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan

Komunikasi (Tik) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 1

Nomor 2

Budiana, H.R., Sjafirah, N.A. dan

Bakti, I, 2015, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis, Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat Vol. 4, No. 1

Dewi, S.Z dan Hirman. I, 2018,

Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar, Indonesian Journal of Primary Education – Vol

.2, No. 2

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Fahyuni, Fariyatul Eni, 2017,

Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi (Prinsip Dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam), Sidoarjo: Umsida Press

Gunawan, Zeni, 2014, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan

Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al- Biruni Vol 3, No 1

Tekege, Martinus, 2017,

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Sma Yppgi Nabire, Jurnal Fateksa: Jurnal Teknologi dan Rekayasa, Volume 2, No1

Hardani, 2020, Metode Penelitian

Kualitatif & Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group

Fahyuni, Fariyatul Eni, 2017,

Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi (Prinsip Dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam), Sidoarjo: Umsida Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.