OPTIMALISASI PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI SD PLTU SURALAYA WUKIR RETAWU

Eva Afifah Lismana, M Taufik, Trian Pamungkas Alamsyah

Abstract


Abstrak: Pendidikan senantiasa mengikuti perkembangan jaman terutama penggunaan teknologi dan informasi dalam proses pembelajaran, perkembangan teknologi yang semakin canggih membawa pengaruh besar dalam dunia pendidikan. Kepala sekolah merupakan alat penggerak dalam mensukseskan tujuan sekolah, untuk mensukseskan tujuan sekolah maka dibutuhkan sebuah program serta inovasi yang digagas kepala sekolah dalam menemukan ide-ide baru serta mendukung perubahan sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai optimalisasi peran kepala sekolah sebagai inovator dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis IT di SD PLTU Suralaya Wukir Retawu. Adapun pendekatan dan metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode deskripstif. Pada hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah berhasil melaksanakan perannya dengan optimal dibuktikan melalui hasil wawancara terkait kepala sekolah dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran berbasis IT, kepala sekolah telah melakukan pembaharuan di bidang KBM, melaksanakaan pembinaan guru dan melaksanakan pembaharuan sumber daya di masyarakat dan komite sekolah. Terkait dengan faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis IT terdapat fasilitas yang memadai, memiliki tenaga pendidik yang mampu mengimplementasikan pembelajaran dikelas, selain itu terdapat website e-learning sendiri yang dimiliki sekolah. Sedangkan faktor penghambat terdapat kendala jaringan. Pada proses observasi mengenai kegiatan pembelajaran berbasis IT dapat disimpulkan bahwa gagasan kepala sekolah sudah berhasil diterapkan oleh semua guru mulai dari Keterlibatan guru dan peserta didik kemudian menggunakan IT sebagai proses belajar dan keterampilan mengakses secara mandiri bahan materi pelajaran secara online.

 

Kata-kata kunci: Peran Kepala Sekolah, Inovator, Pembelajaran Berbasis IT.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andang. (Ed.). (2014). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Aprida, & Darwis M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 340-350.

Astini, N, K. (Ed). (2020). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 241-255.

Awanda. S. (Ed). (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru yang Berbasis IT di SMP Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Skripsi. Tarbiyah dan Keguruan. Manajemen Pendidikan Islam. UIN Ar-Raniry Darussalam, Aceh Besar.

Daryanto, T. (Ed). (2015). Pengembangan Karir Profesi Guru. Yogyakarta: Gava Media.

Fitrah, Muh. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. SKRIPSI. Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima.

Hanum. N. S. (Ed). (2013). Keaktifan E-learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 1-13.

Hosnan, M., & Sartika, Y. (2016). Etika Profesi Pendidik: Pembinaan dan Pemetapan Kinerja Guru, Kepala Sekolah, serta Pengawas Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mukarom Z, & Rusdiana. (2017). Komunikasi dan Teknologi Informasi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Muslih & Anggraeni , Y. D. N. (2020). “SUPERMAN” Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah dalam Menyusun Administrasi Sekolah di Gugus 04 Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Lamongan: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 77-78.

Masrokan, P. (Ed). (2013). Manajemen Mutu Sekolah Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Mariyati, S. (2014). Efektivitas Peran dan Fungsi Kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah Metro. SKRIPSI. FKIP. Manajemen Pendidikan. Universitas Lampung.

Rohmawati, A, T. (Ed). (2018). Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Tesis. Tarbiyah dan Keguruan. Manajemen Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Blitar.

Roida P., & Fitriyani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarah Jauh di Tengah Pandemi Virus Covid-19. Jurnal Of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 2(2), 32-33.

Suharsaputra, U. (Ed). (2016). Kepemimpinan Inovasi Pendidikan (Mengembangkan Spirit Enterpreneurship Menuju Learning School). Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (Ed). (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: PT Alfabeta.

Tekege, M. (Ed). (2020). Pemenfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Nabire: Jurnal Teknologi dan Rekayasa. Vol 2, No 1: 48-50.

Warsita, B. (Ed). (2008). Teknologi Pembelajaran (Landasan Dan Aplikasinya). Jakarta: Rineka Cipta.

Yahdiyani, N. R., Muna, A. R., Nurjanah, S., Wahyuni, S. (2020). “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik di SDN Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan. Pasuruan: Jurnal Of Education Paycology & Counseling, 2(1), (332-333).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.