SOCIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PADA ERA NEW NORMAL

Tri Astuti, Deri Saputra, Muh. Soleh

Abstract


Abstrak. Kompleksitas masyarakat tidak terlepas dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, yakni capaian proses dan hasil belajar pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Guru diharapkan mampu membangun dan mengembangkan serta menerapkan pembelajaran inovatif, guna mewujudkan peserta didik yang unggul dan produktif di Abad 21. Pendekatan dan teori pembelajaran dapat menjadi bekal guru dalam mengajar. Tujuan penelitian adalah (1) untuk menganalisis pembelajaran IPS pada era new normal melalui pendekatan social learning. (2) untuk menganalisis hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS di era new normal dengan pendekatan social learning. Metode penelitian adalah kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian guru dan peserta didik di SD PIUSkota Tegal. Subjek dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti sendiri. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data kualitatif dengan adaptasi model interaktif Miles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa pembelajaran IPS di SD PIUS Kota Tegal, khususnya pada siswa kelas 4 pada era new normal menerapkan pendekatan social learning. Pelaksanaannya dengan mematuhi protokol kesehatan. Model pembelajaran yang digunakan adalah role playing berbasis pendekatan social learning.  Guru mengalami hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu siswa sulit dikondisikan dalam waktu yang cepat dan kesulitan koordinasi antar siswa dalam satu kelompok. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam pelaksanaan pembelajaran IPS efektif dan mampu memotivasi siswa dalam belajar di kelas.

 

Kata Kunci: New normal, Social leraning


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ajhuri, Kayyis, Fithri. (2019). Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta. Penebar Media Pustaka.

Dian, R. A, dkk. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10 (1).

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186-202.

Medina, N. A. P. (2020) Blended Learning Sebagai Sarana Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Era New Normal. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 2 (2).

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Lampung. Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung.

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kemendikbud, Surat Edaran No 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Kemendikbud, (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Budaya Kerja. Jakarta: Dirjen Pendidikan Vokasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan.

Fatimah, S. (2020). Pembelajaran Di Era New Normal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

Sri, A. (2020). Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Ips Di Masa Pandemi Covid-19. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

Surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) nomor 4 tahun 2021 tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka tahun akademik 2021/2022.

Wijoyo, H. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran Masa Pandemi. Insan Cendekia Mandiri.

Yin, Robert K. 2008. Case Study Research: Design And Methods (Aplied Social Research Methods). Ililinois: Sage Publication, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.