PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 020254 KOTA BINJAI TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 020254 Kota Binjai. Permasalahan dalam penelitian ini “apakah ada pengaruh yang signifikan antara kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar di kelas V SD Negeri 020254 Kota Binjai Tahun Ajaran 2021/2022?”. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk variabel bebas dan daftar kumpulan nilai (DKN) untuk variabel terikat, dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain korelasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis uji t. Berdasarkan hasil penelitian uji statistik deskriptif pada kondisi ekonomi otang tua menunjukkan bahwa total skor kondisi ekonomi orang tua adalah 1.254 dengan rata-rata akhirnya 78,37 dalam kategori tinggi, prestasi belajar siswa kelas V menunjukkan bahwa total skornya adalah 1.964 dengan rata-rata akhirnya 78,56 dalam kategori baik dan hasil hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi pengaruh kondisi ekonomi orang tua (X) terhadap prestasi belajar siswa di kelas V (Y) adalah 0,532 lebih besar dari 0,05 dan nilai t hitung 5,854 lebih besar dari pada t tabel 2,074, maka H0 diterima H1 ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 020254 Kota Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi penambah wawasan tentang konsep-konsep atas teori-teori tentang pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: kondisi ekonomi orang tua, prestasi belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Dita. 2016. Pengaruh Tingkat Ekonomi Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Sd Negeri 1 Simo Tahun 2015/2016. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Faisal. 2016. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SD Negeri 10 Bnda Aceh. Banda Aceh: Universitas Serambi Mekah
Lestari,Endang Titik. 2020. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Cv Budi Utama
M. Fahturrahman. 2015. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MI Muhammadiyah Mujur LOR Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Purwokerto: IAIN Purwokerto
Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Ns. Roymond. 2009. Buku Ajar Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: Buku
Kedokteran EGC
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rusnani. 2013. Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Tingkat Keaktifan Anak Masuk Sekolah Di SD Negeri Pinggir Papas 1 Kecamatan Kalianget. Madura: Universitas Wiraraja Sumenep
Sadirman. 2009. Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Di SMK Widya Praja Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Suminah. 2016. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri Se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.