IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SDIT AL-MUHAJIRIN

Aprilia Lismawati, Damanhuri Damanhuri, Reksa Adya Pribadi, Zerri Rahman Hakim

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 khususnya pada perencanaan pembelajaran yang bermuatan penguatan karakter cinta tanah air, proses pelaksanaan implementasi pendidikan karakter cinta tanah air melalui kegiatan pembelajaran, serta perilaku peserta didik setelah diterapkannya pendidikan karakter cinta tanah air. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas 1. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman ialah proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran yang bermuatan penguatan karakter cinta tanah air yang dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran melalui program penguatan pendidikan karakter cinta tanah air dan teknis guru dalam melaksanakan pembelajaran, dalam proses pelaksanaan implementasi pendidikan karakter cinta tanah air ini dilakukan melalui kegiatan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Serta dengan persiapan yang matang dalam proses pembelajaran dan bimbingan dapat diketahui perilaku peserta didik setelah diterapkannya pendidikan karakter cinta tanah air melalui kegiatan pembelajaran baik dari aspek afektif, kognitif dan psikomotor.

 

Kata Kunci : Implementasi Karakter Cinta Tanah Air, Kegiatan Pembelajaran Kurikulum 2013.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamzah B, Uno. (2014). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Istarani. 2015. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustari, Mohammad. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurmantyo, G. (2016). Memahami Ancaman, Menyadari Jati Diri sebagai Modal Membangun Menuju Indonesia Emas. Jakarta: Litbang. Tentara Nasional Indonesia.

Rosidah, Eros. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Dalam pembelajaran IPA Materi Bumi dan Peristiwa Alam. Skripsi PGSD Unpas.

Sudarsana, I, K. (2017). Peranan Orang Tua Dalam Penanaman Budi Pekerti Pada Anak. Prosiding Seminar Nasional Anak Usia Dini (SEMNADI) “Ragam Bahan Ajar Inovatif Dalam Pendidikan Anak Usia Dini”. Denpasar: Jayapangpuss Press. ISBN:978-602-71567-9-1.

Sudjana, Nana (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja rosdakarya.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Usman, Moh. Uzer. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

www.kemdikbud.go.id (diakses pada tanggal 4 Juni 2021, pukul 20:15 WIB).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.