IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SDIT AL-MUHAJIRIN

Aprilia Lismawati, Damanhuri Damanhuri, Reksa Adya Pribadi, Zerri Rahman Hakim

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 khususnya pada perencanaan pembelajaran yang bermuatan penguatan karakter cinta tanah air, proses pelaksanaan implementasi pendidikan karakter cinta tanah air melalui kegiatan pembelajaran, serta perilaku peserta didik setelah diterapkannya pendidikan karakter cinta tanah air. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas 1. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman ialah proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran yang bermuatan penguatan karakter cinta tanah air yang dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran melalui program penguatan pendidikan karakter cinta tanah air dan teknis guru dalam melaksanakan pembelajaran, dalam proses pelaksanaan implementasi pendidikan karakter cinta tanah air ini dilakukan melalui kegiatan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Serta dengan persiapan yang matang dalam proses pembelajaran dan bimbingan dapat diketahui perilaku peserta didik setelah diterapkannya pendidikan karakter cinta tanah air melalui kegiatan pembelajaran baik dari aspek afektif, kognitif dan psikomotor.

 

Kata Kunci : Implementasi Karakter Cinta Tanah Air, Kegiatan Pembelajaran Kurikulum 2013.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamzah B, Uno. (2014). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Istarani. 2015. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustari, Mohammad. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurmantyo, G. (2016). Memahami Ancaman, Menyadari Jati Diri sebagai Modal Membangun Menuju Indonesia Emas. Jakarta: Litbang. Tentara Nasional Indonesia.

Rosidah, Eros. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Dalam pembelajaran IPA Materi Bumi dan Peristiwa Alam. Skripsi PGSD Unpas.

Sudarsana, I, K. (2017). Peranan Orang Tua Dalam Penanaman Budi Pekerti Pada Anak. Prosiding Seminar Nasional Anak Usia Dini (SEMNADI) “Ragam Bahan Ajar Inovatif Dalam Pendidikan Anak Usia Dini”. Denpasar: Jayapangpuss Press. ISBN:978-602-71567-9-1.

Sudjana, Nana (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Usman, Moh. Uzer. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

www.kemdikbud.go.id (diakses pada tanggal 4 Juni 2021, pukul 20:15 WIB).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.