PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI CARA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ SISWA KELAS VI SD NEGERI 11 MEULABOH TAHUN AJARAN 2021/2022

Razali Razali

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas  dan hasil belajar IPA pada materi  dengan penerapan Metode Active Leaning Tipe Quiz pada siswa kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Model penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh yang berjumlah 21 siswa. sedangkan objek penelitian ini yaitu pembelajaran IPA pada materi Cara Perkembangbiakan Hewan melalui penerapan Metode Active Leaning Tipe Quiz. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan pedoman penilaian tes. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Active Leaning Tipe Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh, hal ini dapat dilihat dimana pada siklus I siswa yang tuntas hasil belajar hanya 66,67% atau 14 siswa sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas hasil belajar mencapai 90,47% atau 19 siswa, namun peneliti menyadari bahwa ada 2 siswa yang belum tuntas belajar dikarenakan juga dengan berbagai faktor dari siswa itu sendiri. Adanya peranan dari guru dalam menerapkan Metode Active Leaning Tipe Quiz sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pada materi Cara Perkembangbiakan Hewan di kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh, dimana terlihat pada siklus I aktivitas siswa dimana pada siklus I mendapat persentase rata-rata adalah 66,67% namun di siklus II meningkat menjadi 90,48%. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Metode Active Leaning Tipe Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pada materi Cara Perkembangbiakan Hewan di kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Active Leaning Tipe Quiz.

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdullah, A. 2013. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: BumiAksara

Arikunto, S. 2012. Metode Penelitian Kulaitiatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalvi, 2016. Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: PT Kencana Media Group.

Djamarah, S, B. 2012. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Eukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Hamdani. 2011. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2013. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Rosda Karya

Pardjono. 2017. Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung: IKAPI

Poerwadarmita, W, J. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Sanjaya, W. 2015. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sardiman, 2010. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Falah Production.

Silberman, M. 2007. Active Learning. Jakarta: EGD

Siregar, dkk, 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa SD Negeri Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nababan, S. A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RME TERINTEGRASI ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Nababan, S. A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SD NEGERI GUNONG KLENG. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Siswoyo, D, dkk. 2017. IlmuPendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sudjana, N. 2010. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Falah Production

Sugiharto, dkk. 2017. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sumaji, S, dkk. 2018. Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: UNY Press

Suyatno, 2011. Menjelajah pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suyoso. 2018. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Syah, M. 2012. PsikologiPendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Thohari, M. 2018. Program Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta

Usman, 2016. Pembelajaran Sains. Jakarta: Erlangga

Wiriaatmadja. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.