PERAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDI KHALIFAH SERANG

Febby Zulyani, Indhira Asih Vivi Yandari, Daman huri, Reksa Adya Pribadi

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilandasi dari peran guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh yang berbasis penguatan pendidikan karakter mandiri, peran guru dalam proses penguatan pendidikan karakter mandiri melalui pembelajaran jarak jauh, peran guru dalam melakukan evaluasi pendidikan karakter mandiri dalam pembelajaran jarak jauh. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru sudah mampu membuat rencana pembelajaran dengan baik serta dapat menjelaskan indikator-indikator karakter mandiri, dalam proses pelaksanaan penguatan pendidikan karakter mandiri melalui pembelajaran jarak jauh ini dilakukan kegiatan pembelajaran dimulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti hingga kegiatan penutup. Serta dengan melakukan evaluasi penilaian sikap khususnya pada karakter mandiri pada pembelajaran jarak jauh.

 

Kata Kunci : Guru, karakter mandiri, pembelajaran jarak jauh


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aksan Hermawan. 2014. Seni Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Displin, Kerja Keras, Kreatif, dan Mandiri. Bandung: Nuansa Cendikia

Buan, L. A. Y. 2020. Guru dan Pendidikan Karakter.CV Adanu Abimata.

Budhiman, A. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Cahyani, R. P. 2020. Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik di SDN Kebon Dalem Mojosari. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(3).

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Hutami, Dian. 2020. Pendidikan Karakter Kebangsaan Untuk Anak Kreatif dan Mandiri. Jogjakarta: Cosmic Media Nusantara

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Cetakan ke-36. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Mustafa,dkk. 2019. Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tingg. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.

Sadulloh, dkk. 2017. Pendagogik (Ilmu Mendidik). Bandung : Alfabeta.

Subadar, S. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(1).

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: AR-RUZZ Media.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jogjakarta:AR-ruz media

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Soedarsono, Soemarno.2009. Karakter Mengantar Bangsa Dari Gelap Menuju Terang.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wahyudi,Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.