PERAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDI KHALIFAH SERANG

Febby Zulyani, Indhira Asih Vivi Yandari, Daman huri, Reksa Adya Pribadi

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilandasi dari peran guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh yang berbasis penguatan pendidikan karakter mandiri, peran guru dalam proses penguatan pendidikan karakter mandiri melalui pembelajaran jarak jauh, peran guru dalam melakukan evaluasi pendidikan karakter mandiri dalam pembelajaran jarak jauh. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru sudah mampu membuat rencana pembelajaran dengan baik serta dapat menjelaskan indikator-indikator karakter mandiri, dalam proses pelaksanaan penguatan pendidikan karakter mandiri melalui pembelajaran jarak jauh ini dilakukan kegiatan pembelajaran dimulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti hingga kegiatan penutup. Serta dengan melakukan evaluasi penilaian sikap khususnya pada karakter mandiri pada pembelajaran jarak jauh.

 

Kata Kunci : Guru, karakter mandiri, pembelajaran jarak jauh


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aksan Hermawan. 2014. Seni Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Displin, Kerja Keras, Kreatif, dan Mandiri. Bandung: Nuansa Cendikia

Buan, L. A. Y. 2020. Guru dan Pendidikan Karakter.CV Adanu Abimata.

Budhiman, A. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Cahyani, R. P. 2020. Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik di SDN Kebon Dalem Mojosari. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(3).

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Hutami, Dian. 2020. Pendidikan Karakter Kebangsaan Untuk Anak Kreatif dan Mandiri. Jogjakarta: Cosmic Media Nusantara

Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Cetakan ke-36. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Mustafa,dkk. 2019. Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tingg. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.

Sadulloh, dkk. 2017. Pendagogik (Ilmu Mendidik). Bandung : Alfabeta.

Subadar, S. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(1).

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: AR-RUZZ Media.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jogjakarta:AR-ruz media

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Soedarsono, Soemarno.2009. Karakter Mengantar Bangsa Dari Gelap Menuju Terang.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wahyudi,Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.