MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI SHALAT MELALAUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS BAGI PESERTA DIDIK KELAS III MI TARBIYATUL ATHFAL WEDUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Dita Kurniawati, Nurul Afifah, Ahmad Fauzan

Abstract


Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi shalat pada peserta didik kelas III semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil capaian keaktifan peserta didik kategori tinggi dari siklus I capaian sebesar 68,48%. Sedangkan pada siklus II capaian total sebesar 85,87%. Ini menunjukkan ada peningkatan sebesar 17,39%. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 nilai rata-ratanya 67% peserta didik yang tuntas, sedangkan pada pertemuan 2 nilai rata-ratanya 72% yang tuntas. Hasil belajar siklus II pertemuan 1 nilai rata-ratanya 80% yang tuntas dan pada pertemuan 2 nilai rata-ratanya 89% yang tuntas. Dengan demikian hipotesis penelitian ini terbukti. Tindakan dikatakan berhasil jika ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar dari siklus I ke suklus II dan persentase peserta didik yang mencapai nilai KKM (tuntas) sudah mencapai minimal 75%. Maka PTK ini dinyatakan telah berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

Kata kata kunci: practice rehearsal pairs, keaktifan, hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abas Erjati. (2014). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Aminah,Siti. (2020). Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Sidoarjo: Nizamia Learning

Center.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz Media

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamruni. (2012). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Komalasari, Kokom. (2011) . Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Melvin L. Silberman. (2016). Active Learning 101 Cara Belajar Peserta didik Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Nugroho, Ade Satrio. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Kebonduren 02 Ponggok Kabupaten Blitar. Malang: FIP Universitas Negeri Malang

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa SD Negeri Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nababan, S. A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RME TERINTEGRASI ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Nababan, S. A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SD NEGERI GUNONG KLENG. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Pemerintah Indonesia. (2016). Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.. Jakarta : Depdiknas.

Rahmawati, Daryanto. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta : Penerbit Gavamedia.

Rifa’i, Achmad RC, dkk. (2015). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Rusman. (2018), Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Supratiknya, A. (2012). Penialian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta : Universitas Sanata Darma

Sutrisno.( 2020). Fikih Kelas 3 Mi Kurikulum 2013. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam

Trianto.(2010).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zaini, Hisyam. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.