UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS I MIS MT AZ – ZAKY MEDAN

Sri Ramadhani, Zahratun Muthia Zaen

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia melalui permainan kartu bergambar.. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Modern Terpadu Az-Zaky pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini juga merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian ini yang sudah dilaksanakan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada tahap prasiklus adalah 66. Jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM ada 10 siswa (43%). Kemudian setelah diadakan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajarnya menjadi 73 dan jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM ada 14 orang siswa (61%). Pada sisklus II hasil belajarnya meningkay menjadi 79 dan jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM ada 18 orang siswa (78%). Selain itu penggunaan media kartu bergambar juga dapat meningkatkan aktivitas siswa pada proses pembelajaran dikelas. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II yang tadinya 60,09% menjadi 75,93%. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I materi nama-nama buah dan Hewan.

 

Kata kunci: Kartu Bergambar, Kemampuan Membaca, Keterampilan Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aninditya Srinugeheni. (2013:136) Model Pembelajaran yang Optimal.

A.M, Sardiman (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

BSNP. (2006:232). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dalam Susanto. (2015:245). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenada Media

Dalman. (2013:5). Keterampilan Membaca. Jakarta : Rajawali Press.

Depdiknas. (2000). Permainan Membaca dan Menulis di Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdiknas

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Beljara Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Doyin, Mukh. Wagiran. (2012). Bahasa Indonesia, Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang : UNNES Pres.

Faisal. (2019:15). Menambahkan Bahwa Bahasa Indonesia Merupakan Bahasa yang Dipakai Sehari-hari.

Geriach dan Ely. (dalam Irfan, 2017:12). Tentang Media Bergambar.

Jaruki. (2014:213). Kartu Bergambar Adalah Sekumpulan Gambar Terpisah yang Memuat Satu Satuan Gambar.

Karl Raemind. (2013:14). Alat Komunikasi yang Memiliki Fungsi.

Kridalaksana. (2012:32). Mengungkapkan Bahwa Bahasa Indonesia Ragam Bahasa Melayu Dalam Bermasyarakat.

Santosa (2015:2). Menjelaskan Bahwa Menyimak Dapat Dilihat Dari Berbagai Segi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.