UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV MIS MT AZ – ZAKY MEDAN

Amir Danis, Dwi Lestari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi Siklus Hidup. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Modern Terpadu Az-Zaky pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021.  Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah hasil tes belajar IPA dan lembar observasi KBM siswa dan guru. Metode penelitian menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam tindakan kelas yang telah dilaksanakan bahwa dari 30 siswa yang mengikuti tes awal (sebelum tindakan) siswa yang dikatakan tuntas sebanyak 12 siswa (40%) dengan nilai rata-rata 63,63. Pada tes II (setelah tindakan siklus I) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (60%) dengan nilai rata-rata perolehan 70,93. Sedangkan pada tes III (setelah tindakan siklus II) juga mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (90%) dengan nilai rata-rata 84. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV materi Siklus Hidup Hewan.

 

Kata kunci: Metode pembelajaran, TGT, Hasil Belajar IPA.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV.Yrama Widya. Cet.III.

Aqib,Z. dan M.Chotibuddin. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV.Budi Utama

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Arifin, Z. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Cet.VII

Hamdani,Dr. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV.Pustaka Setia

Hayati, Sri. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.

Nurdin,I. dan Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumiati,Dra. dan Asra. 2018. Metode Pembelajaran. Bandung: CV.Wacana Prima.

Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Valerina, D.O. dan Sulaiman. 2018. Jelajah SAINS Jilid 4 untuk SD/MI Kelas IV. Bogor: Yudhistira.

Wisudawati, A.W. dan Eka,S. 2018. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara. Cet.II.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 37 Tahun 2018 tentang KI dan KD pada Kurikulum 2013

Donggeari,P.J, dkk. 2015. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA (Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan) dengan Metode Pembelajaran Tipe TGT di Kelas V SDKBangkara”. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6. (Akses: 23 Januari 2021, 11.37 wib).

Pratiwi,E.A. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gedongtengen Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017”. Trihayu:

Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, Nomor 2, Januari 2018. (Akses: 23 Januari 2021, 11.40 wib).

Rochmana,S. dan Ma’as Shobirin. 2017. “Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Pada Materi Benda dan Sifatnya (Studi pada Siswa Kelas V MI Gebanganom Semarang Timur Kota Semarang)”. Elementary Journal. Vol. 3 Edisi Juli-Desember 2017. (Akses: 27 Januari 2021, 11.47).

Anis Widiastuti, 2014. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, h. 54. (Akses: 15 Januari 2021, 09.42).

Rusdiana, 2018. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas IV dengan Menggunakan Teams Games Tournament (TGT) SDN 2 Balerejo Batanghari Lampung Timur”. Skripsi. Lampung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN), h. 97-98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.