STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING DI SEKOLAH MIN 7 LANGKAT

Kahar Mashuri

Abstract


Abstrak : Riset ini bertujuan buat mengenali Proses, Penerapan serta hasil Nilai perencanaan pelaksanaan strategi pendidikan IPS lewat Pelaksanaan Model Role Playing dalam tingkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS MIN 7 Langkat yang terletak di Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat, dan hambatan dalam pelaksanaan strategi pendidikan IPS melalui Pelaksanaan Model Role Playing dalam tingkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI serta berikutnya upaya yang ditempuh buat menanggulangi kendala- hambatan dalam mempraktikkan strategi pendidikan IPS melalui  Pelaksanaan Model Role Playing dalam tingkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS di MIN 7 Langkat. Ada pula tata cara yang digunakan dalam riset ini ialah riset kualitatif. Metode pengumpualan informasi ialah dengan metode observasi, interview/ wawancara serta dokumentasi.Sebagian tahapan riset ini berbentuk tingkat yang meliputi perencanaan, penerapan, pengamatan, serta refleksi. Hasil riset meyakinkan kalau strategi pendidikan IPS memalui  penerapan Model Role Playing bisa tingkatkan prestasi siswa dalam pelajaran IPS kelas VI MIN 7 Langkat. Hasil observasi di lapangan menampilkan kalau dari sesi I, sesi II, serta sesi III nampak terjalin pergantian yang signifikan pada proses pendidikan IPS. Perihal ini bisa dibuktikan dengan pergantian kedatangan ataupun prestasi yang tiap harinya kian bertambah, ditambah siswa lebih aktif serta bergairah dalam proses pembalajaran IPS.


Kata kunci:Strategi Pembelajaran, Model Role Playing


Full Text:

PDF

References


PUSTAKA

Alma, Buchari, 2010, Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta

B. Uno, Hamzah, 2011, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Gunawan, Rudy, 2013, Pendidikan IPS, Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Istrani, 2014, 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada

Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2004

Nurochim, 2013, Perencanaan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rusman, 2013, Model-Model Pembelajaran: Mengembakan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Seels, Barbara B and Rita C. Richey. Instructional Technology: The Definition and Domains of The Field. Washington, DC : AECT, 1994


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.