PENGEMBANGAN MODUL IPS BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBANGUN KERUKUNAN ANTAR ETNIS

Rini Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul IPS berbasis Pendidikan Multikultural dalam membangun kerukunan etnis. Penelitian ini Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Four-D Model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) yang meliputi tahap pendefinisian (define), perencanaaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Data tim ahli media diperoleh hasil 4.1 dengan kategori baik. Dengan komentar untuk menampilkan juga beragam aspek lain tentang masyarakat multikultural di kota Singkawang. Hasil ahli media diperoleh hasil baik dengan dilanjutkan pada uji coba kelompok kecil, sedang, dan besar pada kategori baik.

 

Kata-kata kunci: Pengembangan, modul IPS, pendidikan multikultural, kerukunan antar etnis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Banks, James A. "Chapter 1: Multicultural education: Historical development, dimensions, and practice." Review of research in education 19.1 (1993): 3-49.

Mardhatillah, M., & Tanjung, H. S. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Crossword Puzzle Terhadap Keterampilan Sosial Pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Suak Pandan. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Nababan, S. A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI ACEH BARAT. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Gerlach, V.G. dan Ely, D.P. 1971. Teaching and Media. A Sistematic Approach.Englewood Cliffs: Prentice-Hall, Inc.

Kemp, J.E. dan Dauton, D.K. 1985. Planning and Producing Instructional Media (Fifth Edition). New York: Harper & Row, Publishers.

Thiagarajan, S.Sempmel, D.S and Sammel, M.I. (1974). Instruction Development for Training Teacher of Exeptionaf Children. Indiana: Indiana University Bloominton.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Warsono. 2009. Pancasila- Isme dalam Dinamika Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.