PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARAKJAUH TEMA KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR KOTA BINJAI

Gihari Eko Prasetyo, Nurlia Br Ginting

Abstract


Abstrak: Dari hasil observasi yang peneliti lakukan di 3 sekolah dasar kecamatan Binjai Barat, hanya sekitar
30% guru yang aktif di dalam proses pembelajaran jarak jauh atau daring, selebihnya kemampuan penggunaan
teknologi masih kurang dikarenakan faktor usia, faktor sarana dan prasarana, motivasi dan lain sebagainya.
peneliti juga melakukan wawancara dengan beberapa guru di 3 sekolah dasar diatas,didapat fakta bahwa guru
sangat kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran secara jarak jauh sehingga hasil belajar yang
dilaksanakan tidak maksimal. Berdasarkan permendikbud no 57 Tahun 2014 terkait pembelajaran tematik
terpadu serta di tambah lagi dengan pembelajaran jarak jauh maka pendidik di tuntut mampu mendesain dan
menyiapkan  perencanaan sehingga hasil pembelajaran yang dilakukan di dapat memperoleh hasil yang
maksimal. Di lain sisi isu tentang kesehatan juga menjadi sangat penting saat ini dimana pendidikan tersebut
harus di sampaikan di sekolah-sekolah agar siswa tetap menjaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari
penularan Covid-19, Berangkat dari permasalahan diatas, peneliti ingin menciptakan media pembelajaran
sesuai dengan kebutuhan peserta didik di kota Binjai dengan tema kesehatan sehingga harapannya akan ada
produk berupa aplikasi media pembelajaran yang berkualitas serta proses pembelajaran menjadi aktif dan hasil
belajar jarak jauh bisa meningkat dibandingkan dengan sebelum menggunakan media berbasis smartphone.
Sekaligus mengkampanyekan healty lifestyle di kalangan siswa-siswi Sekolah Dasar Pembuatan Media
pembelajaran berbasis Smartphone dengan menggunakan model four D models Thiagarajan akan menghasilkan
produk berupa aplikasi pembelajaran yang valid untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di masa pendemi
Covid-19 saat ini. Sehingga apa yang menjadi hambatan untuk menghasilkan proses pembelajaran yang efektif.  

Kata-kata kunci: Media Pembelajaran, Sekolah Dasar, Kesehatan,


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Purbasari, R. J., Kahfi, M. S., & Yunus, M. 2013. Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media

Pembelajaran Matematika Pada Materi Peluang untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1(4),

Muyaroah Siti, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi

Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi, Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6 (2) (79-83)

Nandita Apsari P, Rizki Swaditya, 2018, Media pembelajaran matematika berasis Android pada materi program liniear, Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7 (1), 161-170

Sari Lapita H. 2011. Media Pembelajaran Kimia Terpadu pada Madrasah Tsanawiyah Negeri MAN 2 Kota Bengkulu, Jurnal Media Infotama, 7 (2), 103-120

Korucu, A. T., & Alkan, A. 2011. Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences

Rogozin. 2012. Physics Learning Instruments of XXI Century. Proceedings of The World Conference on Physics Education 2012.

Mardiah A. & Akbar A. S. 2018, Efektifitas media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh, Lantanida Journal, Vol. 6 No.1 (2018)1-102

Mustar Y.S., Susanto, I.H., Bakti, A.P., 2018 Pendidikan Kesehatan:Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar

WHO. 2018. School health and youth health promotion: facts. http://www.who.int/school_youth_health/facts/en/

Nieveen Nienke & Plomp T. 2013. Educational Design Research, Netherlands institute for curriculum development, 29

Mulyana, Habibullah, Myori D. E, Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar Pengukuran Listirk, 17(2), 113-118

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.