PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS SISWA SMPK SANTA URSULA ENDE

Authors

  • Fransiskus Maria Separ Universitas Flores Program Studi Sastra Inggris, Jln. Sam Ratulangi
  • Marianus Woda Liru Universitas Flores Program Studi Sastra Inggris, Jln. Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.752

Keywords:

Media Gambar, Pengembangan Kemampuan Berbahasa Inggris

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media gambar dalam pengembangan kemampuan berbahasa Inggris siswa di SMPK Santa Ursula Ende Kelurahan Onekore Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur. Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat anak yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang sangat baik serta pembelajaran di SMPK Santa Ursula Ende Kelurahan Onekore Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur dengan menggunakan media gambar yang bervariasi kepada siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di SMPK Santa Ursula Ende Kelurahan Onekore Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur. Subyek penelitian ini adalah guru kelas mata pelajaran Bahasa Inggris, Informan penelitian ini adalah kepala sekolah dan siswa kelas Bahasa Inggris. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi metode dan sumber, sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif yaitu dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengembangan kemampuan berbahasa Inggris siswa melalui media gambar di SMPK Santa Ursula Ende Kelurahan Onekore Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Downloads

Published

2023-03-31