EVEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI PROPER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 KOTA LHOKEUMAWE

Fitri Haryani, Nurmayuli Nurmayuli, Nurdin Amin

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan tentang efektivitas penggunaan Aplikasi PROPER dalam meningkatkan kinerja gurukelas MIN 3 Lhokseumawe. Pertanyaan penelitian  ini adalah bagaimana efektifitas penggunaan Aplikasi PROPER dalam meningkatkan kinerja guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Lhokeumawe?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan 20 orang guru kelas MIN 3 Lhokseumawe sebagai responden. Dari 20 orang tersebut selanjutnya dipilih 3 orang sebagai  subjek wawancara.Teknik mengumpulkan data, meliputi penggunaan kusioner, wawancara terstruktur, observasi secara partisipasi pasif (passive participation) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Aplikasi PROPER secara umum dapat meningkatkan kinerja guru kelas MIN 3 Lhokseumawe. Aplikasi tersebut diakui dapat meningkatkan kinerja guru kelas pada proses pembuatan rapor dapat dilakukan dengan lebih cepat. Akan tetapi masih ada guru kelas yang masih mengalami kendala ketika penggunaan aplikasi ini yaitu guru kesulitan mengoprasikan aplikasi ketika memasukkan data mata pelajaran yang harus berulang-ulang disebabkan tingkat kemahiran guru yang tidak sering berinteraksi dengan aplikasi  karena faktor usia, dan kendala lain.

 

Kata Kunci; Aplikasi PROPER, Kinerja Guru, Guru Kelas

Full Text:

PDF

References


KEPUSTAKAAN

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, Jakarta : BumiAksara.

Buku Raport, 2019. online https//id.m.widipedia.org

Delone, William, 2003.The Delone and McLean Model Of Imformastion Systems Succes, Jurnal Managemen Information Systems, Spring: 2003.volume 19.

Gagne, Robert M, 2000. Essential of Learning for Instructional. Illionis: The Dryden Press.

Hayati, Salma dan Elviana, 2017. “Efektivitas AKG (Aplikasi Guru Kelas) Dalam Pengisian Rapor Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Kurikulum 2013” Jurnal Of Madrasah Ibtidaiyah Education (JMIE) Volume 1 nomor 2. Banda Aceh, UIN Ar-Raniry.

Isroni, 2009. Hubungan motivasi kerja, masa kerja, dan kesejahteraan guru dengan profesionalisme guru sekolah dasar negeri di kecamatan Grabag Kabupaten Magelang, Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2009.

Jauhari, Heri, 2010. Panduan Penulisan Skripsi Teori dan Aplikasi, Bandung: Pustaka Setia, cet. I.

Khairunnisa, dkk. 2014. “Model Aplikasi Pengolahan Nilai Raport Kurikulum 2013 SDN Indahsari Martapura” Jurnal PROGRESIF, Volume 10 nomor 2.

Lexy J, Molleong, 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001).

Lampiran Permendiknas Nomor 16 tahun 2007, Tentang Standar Akademik Dan Kompetensi Guru.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007, Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Mangkunegara, Anwar Prabu, Evaluasi Kinerja SDM. (Bandung: PT Refika Aditama, 2006) Cet ke-II.

Mulyasa, 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Rosdakarya.

Munari, 2018. “Relevensi Aplikasi Autentik Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Kopetensi Pedagogik Guru SD/MI Sekecamatan Tengaran Tahun 2018”. Tesis, Salatiga, IAIN Salatiga.

Nawawi, Hadari, 2006. Evaluasi dan Manajemen Kinerja di LingkunganPerusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5161 Tahun 2018.

Puspita Sari, Hesty dan Muhartini, Retno, 2017. “Sistem Aplikasi Pengolahan Nilai Rapor SDN Tanjunganom 2 Kecamatan Tanjunganom Nganjuk”Jurnal Ilmiah dan Teknik Informatika, Volume 11 nomor 1, Blitar, Universitas Islam Blitar.

Rahmawati, Diana, 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, vol. 5, No. 1

Rumah Juara, 2013. Kendala yang dihadapi guru dalam pengisian rapor K-13, online https://rumahjuara.com/artikel/view/427/kendala-yang-sering-dihadapi-guru-saat-menulis-rapor-kurikulum-2013. Diakses 9 Juli 2020

Rusyan, Tabrani, 2000. Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja GURU, Cianjur: CV.D inamika Karya Cipta.

Sudarwan, Danin, 2011. Pengembangan Profesi Guru,Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Suryaningtyas, Dwi ,dkk, 2018. “Analisis Penggunaan Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Wonogiri” Jurnal Sinektik, Volume 1 nomor 1.Semarang, Universitas Slamet Riyadi.

Starawaji. 2009. Corporate Social Responsibility dalam Praktek di Indonesi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Siagian, 2002. Kitat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara, cet-1.

Supardi, 2014. Kinerja Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudarmanto, 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM: Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutama, 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D, Cet. V, Kartasura: Fairuz Media.

Usman, Moh. Uzer, 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.