PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI SISWA BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA COVID-19

Gita Wiranti, Tri Astari

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi pada masa Covid-19, motivasi siswa belajar pada masa Covid-19 dan pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap motivasi siswa belajar matematika di masa Covid-19 di SDN 101961 Timbang Deli. Metode yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil rhitung sebesar 0,363 dibandingkan denga rtabel tingkat signifikan 5% N = 35 sebesar 0,334. Jadi rhitung > rtabel, maka dapat ditarik bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan koefisien determinasi sebesar 13,1 (dibulatkan menjadi 13%) sedangkan 87% merupakan dipengaruhi faktor lain. Dari hasil analisis uji t diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel (X) kondisi sosial ekonomi keluarga dan variabel (Y) motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 2,235. Selain itu juga diperoleh persamaan regresi Y= 21,090 + 0,350 X. Konstanta sebesar 21,090 artinya jika kondisi sosial ekonomi keluarga (X) nilainya adalah 0, maka motivasi belajar (Y) nilainya negatif yaitu -21,090. Koefisien regresi variabel motivasi belajar sebesar 0,350 artinya jika motivasi belajar mengalami kenaikan 1, maka motivasi belajar akan mengalami peningkatan sebesar 0,350. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi sosial ekonomi keluarga mempengaruhi motivasi siswa belajar matematika pada masa covid-19.

Kata Kunci: Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Motivasi belajar, Covid-19.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aji, RHS. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia :Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i. Vol.7. No.5

Anggita, NS. (2019). Hubungan antara Status Ekonomi Keluarga dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 18 Pesawaran TP.2018/2019. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling-FKIP, Universitas Lampung.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Fauzia, Ninda. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Matematika Siswa SMK Negeri 9 Medan T.P 2016/2017. Skripsi: Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. (2011). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabet


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.