ANALISIS PERAN GURU DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR PADA PROSES BELAJAR DARI RUMAH (LEARNING FROM HOME) KELAS V SD NEGERI 19 LUBUKLINGGAU

Linda Yulianti, Novianti Mandasari, Tri Juli Hajani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran guru dan bagaimana cara guru dalam penguatan karakter siswa sekolah dasar pada proses belajar dari rumah (Learning From Home) kelas V SD Negeri 19 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas V yang berjumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data, verivikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran guru yang dilakukan sudah maksimal meliputi keteladanan, motivator, fasilitator dan evaluator dan; 2) karakter siswa sudah menjadi lebih baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peran guru kelas V dalam penguatan karakter siswa sekolah dasar pada proses belajar dari rumah sudah dilakukan dengan baik sehingga karakter religius, disiplin dan tanggung jawab sudah menjadi lebih baik.

Kata Kunci: Peran Guru, Belajar dari Rumah (Learning From Home), SD


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat; Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6.

Burhanuddin, H. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al Qur’an. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217

Dahlan, R. (2018). Menjadi Guru yang Bening Hati. CV. Budi Utama.

Fauzi, F. Y., Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Ppkn Unj Online, 1(2013), 2.

Febriandi, R. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Journal of Elemantary School (JOES), 3, 29–37. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOES/article/view/1252

Hanung Cahyono. (2017). Perpres no. 87 Tahun 2017. 6 September 2017.

huda syamsul, sholeh anwar, badar saiful, alwi basori m. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Peserta Didik Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dan Guru Pendidikan Jasmani. Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah, April, 42–70.

Prasetyaningtyas, S. (2021). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94.

Rachmadyanti, P. (2017). Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201-214. Jpsd, 3(2), 201–214.

Rigianti, H. (2020) ‘Analisis struktur terdispersi bersama indeks terkait kesehatan Jurnal analisis struktur kodispersi’, 7, hlm. 297–302.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Sukitman, Trizid, A. (2020). Peran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional, September, 91–95.

Zulkarnain, D. (2019). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangka Raya. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 27. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.905


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.