PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SDN 066050 MEDAN

Dyan Wulan Sari HS, Immanuel Silitonga

Abstract


Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran  Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas IV SDN 066050 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 066050 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah quasi experimental. Populasinya adalah siswa kelas IV SDN 066050 Medan. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) observasi, (2) kuesioner (angket), (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji ANOVA. Tahapan selanjutnya yaitu tahap pelaporan, menyusun analisis data dan kesimpulan hasil penelitian dalam bentuk laporan akhir. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan pembelajaran penggunaan model pembelajaran discovery learning memperoleh nilai rerata yang lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan penggunaan model pembelajaran ekspositori. Selain itu hasil analisis varians menunjukkan bahwa nilai signifikansi model pembelajaran sebesar 0,000. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05 maka hasil uji hipotesis menolak Ho atau menerima Ha dalam tarap alpha 0,05. Hal ini  menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpiki kreatif siswa dengan pembelajaran penggunaan model discovery learning dan pembelajaran penggunaan model ekspositori.

 

Kata-kata kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif


Full Text:

PDF

References


AFTAR PUSTAKA

Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Kurniasih, Imas and Sani. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena, 2014.

Hanafiah. Menjadi Guru Profesonal. Bandung: Rosda, 2010. hlm. 78

Hosnan, M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Tilaar. Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship. Jakarta : Kompas Media Nusantara, 2012. hlm.51

Daryanto. Panduan Proses Pembelajaran. Jakarta : Publisher, 2009. hlm. 146

Rachmawati, Y. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta : Kencana, 2010. hlm. 13

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.