PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP PEMAHAMAN NILAI NASIONALISME SISWA KELAS IV SDN PANTE CERMIN KABUPATEN ACEH BARAT

Nurjannah Nurjannah, Agus Kistian

Abstract


Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model Value Clarification Technique (VCT) terhadap pemahaman nilai nasionalisme dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan motivasi belajar siswa terhadap pemahaman nilai nasionalisme siswa di kelas IV SDN Pante Cermin. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Pante Cermin Kecamatan Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pante Cermin dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah quasi exsperimental. Instrument yang digunakan terdiri dari tes pemahaman nilai nasionalisme yang telah dinyatakan valid dan reliabel sebanyak 10 butir soal uraian. Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh terdapat perbedaan hasil pemahaman nilai nasionalisme siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dengan  siswa  yang  dibelajarkan  dengan  model pembelajaran ekspositori. Dapat dilihat dari perbedaan rerata pemahaman nilai nasionalisme siswa di kedua kelas. Rerata pemahaman nilai nasionalisme siswa dikelas Value Clarification Technique (VCT) sebesar 78,09 sedangkan pemahaman nilai nasionalisme di kelas ekspositori sebesar 69,04 dari data tersebut tampak bahwa terdapat perbedaan rerata pemahaman nilai nasionalisme siswa yang diajarkan dengan Value Clarification Technique (VCT) lebih tinggi daripada rerata pemahaman nilai nasionalisme siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori.

 

Kata-kata kunci: Model Pembelajaran, Value Clarification Technique (VCT), Pemahaman Nilai Nasionalisme

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sutarjo, A. Pembelajaran Nilai-nilai Karakter Kontruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group, 2010, hlm. 283.

Nurdiansyah & Fahyuni, E.F. Inovasi Model Pembelajaran. Surabaya: Nizamil Learning Center, 2016, hal, 159.

Taniredja, Tukiran ,dkk. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta, 2011.

Dimyati & Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2015, Hlm. 82

Aman. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak., 2011. Hlm. 141.

Dyah, S. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga, 2017. Hlm. 30-41

Ilahi, M.T. Nasionalisme dalam Bingkai Pluralitas Bangsa: Paradigma Pembangunan dan Bangsa. Depok: Ar-Ruzz Press, 2012. Hlm. 5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.