PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SDN 050662 STABAT
DOI:
https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.732Keywords:
Contextual Teaching and Learning (CTL); Motivasi Belajar; Kemampuan Kosakata Bahasa InggrisAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan kosakata bahasa inggris dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan motivasi belajar terhadap kemampuan kosakata bahasa inggris siswa di kelas V SDN 050662 Stabat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 050662 Stabat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah quasi experimental. Populasinya adalah siswa kelas V SDN 050662 Stabat. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa yaitu sebanyak 25 siswa pada kelas V-A dan sebanyak 25 siswa pada kelas V-B. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) observasi, (2) kuesioner (angket), (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji ANOVA. Selanjutnya tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengolahan, dan (4) tahap pelaporan. Berdasarkan hasil anova diperoleh nilai signifikansi model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan kosakata bahasa Inggris siswa sebesar 0,008 karena sig.0,008 < 0,05 maka hasil uji hipotesis menolak H0 atau menerima Ha dalam taraf alpha 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan kosakata bahasa Inggris siswa