PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SDN 060821 MEDAN

Saut Mardame Simamora, Siti Rahmadhani Siregar

Abstract


Abstrak: Memasuki  tatanan kehidupan New Normal di masa Pandemi Covid-19 pendidik maupun  siswa  juga dituntut  untuk mempunyai  kemampuan  belajar  dan mengajar  baik  soft  skillmaupun  hard skill.  Maka salah satu model pembelajaran yang tepat untuk tetap terlaksananya proses pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal yaitu dengan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom. Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Kemudian pada saat siswa datang kesekolah siswa dan guru hanya mengembangkan diskusi dan praktik pada saat disekolah.Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V SDN 060821. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 060821. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V sebanyak  50  siswa.  Sampel  dalam penelitian ini adalah semua siswa yaitu sebanyak 25 siswa pada kelas V-A dan sebanyak 25 siswa pada kelas V-B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan angket motivasi belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α =0,05. Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh terdapat perbedaan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Flipped Classroom dengan  siswa  yang  dibelajarkan  dengan  model pembelajaran konvensional. Ditinjau dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas Flipped Classrom (80,4) dan konvensional (63,4). Hasil ini menunjukkan perbedaan rata-rata hasil belajar sebesar 17,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Flipped Classroom lebih tinggi daripada hasil kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional.

 

Kata-kata kunci: Model Pembelajaran, Flipped Classroom, Kemampuan Berpikir Kreatif


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Yulietri, F, Mulyoto & Agung. Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan Pasca Sarjana UNS, Vol.13, No.2, 2015.

Johnson, G.B. Student Perceptions Of The Flipped Classroom. Columbia: The University Of British Columbia, 2013.

Alamri, M.M. Students' Academic Achievement Performance and Satisfaction in a Flipped Classroom in Saudi Arabia. International Journal of Technology Enhanced Learning, Vol. 11, No. 1, hal. 103-119, 2019.

Herreid, Freeman & Nancy A.S. Case Studies and The Flipped Classroom. Journal of College Science Teaching. Vol. 42, No. 5,hal 63-66, 2013.

Sardiman, A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo, 2011. hlm. 75.

Suhana, Cucu. Konsep Strategi Pembelajaran. Edisi Revisi. Bandung: Refika Aditama, 2014, hlm. 24.

Rachmawati, Y. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta : Kencana, 2010. hlm. 13

Tilaar, Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship, Kompas Media Nusantara, Jakarta, 2012. hlm.51

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.