PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI KELAS IV SDN 067775 MEDAN

Siti Rahmadhani Siregar, Sri Ramadhani

Abstract


Abstrak: Adapun tujuan khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendapatkan data: (1) Perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan model pembelajaran blended learning  dibandingkan dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan model pembelajaran koperatif learning tipe TGT; (2) Perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya belajar visual dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar auditori; dan (3) Interaksi antara Model Pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067775 Medan.  Populasinya  adalah  seluruh siswa  kelas  IV  sebanyak  60  siswa.  Sampel  dalam penelitian ini adalah semua siswa yaitu sebanyak 30 siswa pada kelas IV/A dan sebanyak 30 siswa pada kelas IV/B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar Bahasa Indonesia dan angket gaya belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α =0,05. Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning dengan  siswa  yang  dibelajarkan  dengan  model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dimana nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning lebih tinggi yaitu 80,667 dengan rata-rata gain skor sebesar 0,69 sedangkan nilai rata-rata kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yaitu 63,667 dengan rata-rata gain skor sebesar 0,44. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).

 

Kata-kata kunci: Blended Learning, Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

I. Machali. “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3 No. 1, Juni 2014.

M. Nadlir. “Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal,” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Islam Education Studies)”. Vol 2 No. 2, February 2016.

G. Sandi. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 45 No. 3, 2012

I. Syarif. “Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 2 No. 2, 2013.

A. Amin and Siti Partini Suardiman, “Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa ditinjau dari gaya Belajar dan Model Pembelajaran”. Jurnal Prima Edukasia. Vol. 4 No. 1, 2016

N. P. Mahuze. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia”. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 3, No. 2, 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.