PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD SWASTA PANGERAN ANTASARI MEDAN

Sri Ramadhani, Eva Pasaribu

Abstract


Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran  sinektik terhadap kemampuan menulis siswa dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran sinektik dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis siswa di kelas V SD Swasta Pangeran Antasari Medan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Swasta Pangeran Antasari Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah quasi experimental. Populasinya adalah siswa kelas V SD Swasta Pangeran Antasari Medan. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) observasi, (2) kuesioner (angket), (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji ANOVA. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengolahan, dan (4) tahap pelaporan. Dari hasil penelitian ini diperoleh rerata hasil kemampuan menulis puisi siswa yang diajarkan model pembelajaran sinektik yaitu 81,67 sedangkan rerata kemampuan menulis puisi siswa yang diajarkan metode pembelajaran konvensional yaitu 71,25. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran sinektik lebih tinggi daripada kemampuan menulisi puisi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

 

Kata-kata kunci: Sinektik, Kemampuan Menulis Puisi, Penguasaan Kosakata


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Kurniandari, T. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 3 Limbangan Dengan Teknik Latihan Terbimbing Melalui Media Lagu. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Vol. 5, No.1, 2014.

Siddiqui, Mujibul Hasan. Synetic Model of Teaching : Developing Creativity Skills of Individuals and Groups of Society. Indian Journal of Applied Research. Vol. 3, No. 4, 2013. hlm. 132-134.

Yusuf, W. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya., 2013. hlm. 69.

Hamalik, O. Kurrikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara, 2014. hlm. 83

Joyce, B. Models of Teaching Edisi Kedelapan. Boston: Allyn and Bacon, 2013. hlm. 257.

Djiwandono. (2011). Tes Bahasa:Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks, 2011. hlm. 126

Ristri, W. Kitab Lengkap Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Jakarta Selatan: Saufa, 2014. hlm. 12.

Kurniawan, Heru dan Sutardi. 2012. Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hamidah, Resnani & Lukman. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V di SD Negeri 49 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol. 2:,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.