PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VI SD NEGERI 047166 SUKADAME SEMESTER II T.P. 2019/2020

Suranta Br Tarigan

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 047166 Sukadame Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil belajar kognitif siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah telah mencapai ketuntasan. Pada siklus I menunjukkan 13 siswa tuntas secara individu dengan nilai rata-rata 66,25 dan tidak tuntas secara kelas. Pada siklus II, tuntas secara individu sebanyak 28 siswa dengan nilai rata-rata 81,88 dan tuntas secara kelas. Hasil belajar kognitif siswa berhasil mencapai ketuntasan karena selama pembelajaran siswa lebih aktif dan mampu bekerja sama dalam menyelesaikan LKS; 2) Afektif belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah telah mencapai indikator keberhasilan yang ditandai dengan terjadinya peningkatan di setiap indikatornya. Afektif siswa meningkat karena siswa sudah memiliki tanggung jawab masing-masing sehingga pembelajaran berjalan sesuai yang diharapkan; 3) Keterampilan siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah telah mencapai indikator keberhasilan yang ditandai dengan terjadinya peningkatan di setiap indikatornya. Keterampilan siswa meningkat karena siswa sudah saling bekerjasama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

 

Kata Kunci     :    Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Afektif, Keterampilan Siswa


Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arend, R.I., (2008), Learning to Teach, Penerbit Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Arikunto, S., (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineksa Cipta, Jakarta.

Dimyati, dan Mudjiono., (2006), Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah, S. B., dan Zain, A., (2006), Startegi Belajar Mengajar, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Isjoni, (2009), Cooperative Learning, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Purwanto, Ngalim, (2011), Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung, PT Rosdakarya.

Sani, R.A., dan Sudiran, (2012), Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas, Citapustaka Media Perintis, Bandung.

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Sudjana, N., (2005), Metode Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.

Sumiati, dan Asra, (2013), Metode Pembelajaran, Penerbit Wacana Prima, Bandung.

Trianto, (2007), Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta.

Wilis,R., (1996), Teori-teori Belajar, Penerbit Erlangga, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.