PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VI SD NEGERI 040527 TIGAPANAH SEMESTER II T.P 2019/2020

Rahmad Br Peranginangin

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model inquiry learning selama kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas VI SD Negeri 040527 Tigapanah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 040527 Tigapanah dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran inquiry dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) berhasil mencapai ketuntasan. Pada siklus I siswa tuntas 9 orang dengan dengan rata-rata 63,33. Pada siklus II siswa tuntas 21 orang dengan rata-rata mencapai 83,33 dan  kelas tuntas. Ketuntasan hasil belajar kognitif ini terjadi karena dalam melakukan diskusi kelompok, siswa sudah mampu bekerja sama dengan baik; 2) Afektif siswa melalui model pembelajaran inquiry dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) mengalami perubahan menjadi lebih baik pada setiap indikatornya. Perubahan ini terjadi karena guru memberikan motivasi yang agar siswa memperbaiki sikapnya selama pembelajaran; 3) Psikomotorik siswa melalui model pembelajaran inquiry dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) mengalami perubahan menjadi lebih baik pada setiap indikatornya. Perubahan ini terjadi karena siswa sudah berani menyampaikan pendapat dan mempertahankan argumentasinya.

 

   Kata Kunci : Model Inquiry Learning, Hasil Belajar Kognitif, Afektif, Psikomotorik siswa


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Gulo, W, (2002), Strategi Belajar Mengajar, Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta

Mukhlis, A. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitian Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban

Mulyasa, (2005), Kurikulum Berbasis Kompetensi, PT Rosda Karya, Bandung.

Nuraini, Y., (2003), Strategi Pembelajaran, Universitas Terbuka, Jakarta.

Nurhadi, (2003), Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, UN Malang, Malang.

Retno. D.S. (2005). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sani, R.A. dan Sudiran, (2012), Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas, Citapustaka Media Perintis, Bandung.

Sanjaya, W., (2005), Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kencana, Jakarta.

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Sudjana, (2002), Metode Statistika, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.