MENERAPKAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI SUPERVISI KLINIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR DI SD NEGERI 044827 KANDIBATA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Mardim Ginting

Abstract


ABSTRAK : Tujuan penelitioan ini adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran kooperatif dan hasil belajar warga belajar setelah megikuti pembelajaran dengan model-model pembelajaran kooperatif di SD Negeri 044827 Kandibata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan April  2021 di SD Negeri 044827 Kandibata. Jumlah tutor sampel sebanyak tiga tutor dengan dua puluh warga belajar. Data diperoleh melalui Format Alat Penilaian Kemampuan Tutor dan tes hasil belajar warga belajar yang dianalisis secara deskriftif dan persentatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kemampuan tutor IPS, Bahasa Indonesia, dan Matematika dalam menerapkan model-model pembelajaran kooperatif tipe NHT, TPS, dan STAD pada Siklus I berturut-turut 68, 68, dan 65 dalam kategori cukup, sementara pada Siklus II berturut-turut 79, 81, dan 77 dalam kategori baik, 2) Peningkatan kemampuan tutor dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif dan berdampak pada peningkatan hasil belajar warga belajar. Terbukti dari naiknya ketuntasan klasikal untuk ketiga mata pelajaran IPS dari 45% menjadi 90%, Bahasa Indonesia dari 40% menjadi 85%, dan Matematika dari 40% menjadi 80%. Sehingga pelaksanaan supervisi individual tentang penerapan model-model pembelajaran sangat cocok digunakan untuk meningkatkan kompetensi tutor dalam melaksanakan pembelajaran melalui model-model. Sementara untuk tutor perlu menyusun perangkat pembelajaran untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang baik, terarah dan matang.

 

Kata Kunci  : Supervisi Klinis, Model-Model Pembelajaran Kooperatif.


 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas, Yrama Widya, Bandung.

Darmodjo dan Jenny R.E. Kaligis.(1992). Pendidikan IPA II, Depdikbud, Jakarta.

Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Depdiknas Jakarta.

. (2010). Supervisi Akademik; Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah, Depdiknas, Jakarta.

Gultom, dkk. (2010). Kompetensi Tutor. UNIMED. Medan.

Joyce, Wheil, dan Calhoun. (2010). Model’s of Teaching (Model–Model Pengajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Kunandar. (2007). Tutor Profesional. Grafindo. Jakarta

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya . Bandung.

Raskita. (2011). Optimalisasi Sumber Belajar Berbasis CTL Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Paket B Kartini. (Tidak Dipublikasikan)

Tarigan, R., Derlina., Dan Tarigan, R,. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelejaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran Konstruktivis Untuk Memberdayakan Kemempuan Berpikir Analitis, Kritis, dan Kreatif Warga belajar SMA. Laporan Hasil Penelitian. Universitas Negeri Medan.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.