STRATEGI GURU DALAM PEMBERIAN TES PADA SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Desi Eka Pratiwi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi-strategi yang dapat diterapkan guru dalam memberikan tes kepada siswa selama proses pembelajaran daring di masa Covid-19. Strategi-strategi tersebut penting diimplementasikan guru ketika dalam memberikan tes karena adanya kecenderungan yang dilakukan siswa dalam menjawab pertanyaan yaitu dengan cara meminta bantuan jawaban kepada orang lain sehingga mendapatkan nilai yang baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif  menggunakan metode survey melibatkan 30 responden yang terdiri dari guru-guru SD di wilayah Mojokerto dan Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey berbentuk wawancara terstruktur yang dikemas dalam google form. Penggunaan google form dimaksudkan untuk mempurmudah responden dalam mengakses serta meminimalisir keterbatasan ruang dan waktu. Teknik analisis data berdasarkan perhitungan data yang diperoleh dari hasil wawancara terstruktur kemudian diolah dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebesar 40% strategi yang paling banyak diterapkan guru dalam meberikan tes kepada siswa melalui WhatsApp Group, mengerjakan LKS/buku tema, membuat rangkuman; (2) sebesar 23% guru memberikan tes melalui aplikasi online seperti (zoom meeting, google classroom, video conference, video call ); (3) sebesar 16% guru memberikan tes/ulangan harian melalui google form; (4) sebesar 10% melalui asesmen personal, autentik, karakter dan penilaian berbasis proyek; (5) sebesar 1.25% penggunaan power point dengan sistem timer; (7) 1.25% melalui penilaian produk dan proses; (8) 1.25% melalui metode home visit; (9) 1.25% melalui pemberian kuis. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evalusi dalam penyelenggaraan tes selama proses pembelajaran daring sehingga guru kelas dapat mengetahui kemampuan kognitif siswa dengan sesungguhnya sehingga asesmen yang diberikan guru bersifat objektif berdasarkan kemampuan individual siswa.

 

Kata-kata kunci: Strategi Guru, Pemberian Tes, Siswa sekolah Dasar, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Pendidikan Islam, 137.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 169.

Ihsanuddin. (2020). Retrieved from Kompas: https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, l. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil belajar Siswa MI Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Ilmiah "pendidikan Dasar", 99.

Pratiwi, D. E. (2020). Pengembangan Buku Ajar IPA SD Melalui Pengdekatan Konsep Cinta Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia. JP2SD, 37.

Pratiwi, D. E. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan XLC (Xaverius Learning Center) Selama Study From Home Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Xaverius Surabaya. Bina Gogik, 39.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.